Pilpres 2019

Jokowi - Ma'ruf Amin Vs Prabowo - Sandiaga Uno di Pilpres 2019, Kemana Demokrat Berlabuh?

Namun pada akhirnya, roda politik 'Koalisi Indonesia Kerja' bermanuver ke arah cicit Imam Masjidil Haram tersebut.

Penulis: Yudha Maulana | Editor: Yudha Maulana
Kolase (Tribunnews/Tribun Manado)
Pasangan Jokowi - Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto - Sandiaga Uno 

TRIBUNJABAR.ID - Dua pasangan calon presiden dan wakil presiden telah ditetapkan di Jakarta pada Kamis (9/8/2018) petang atau sehari dari batas akhir pendaftaran capres-cawapres yang ditetapkan oleh KPU.

Presiden petahana, Joko Widodo resmi meminang Prof DR KH Ma'ruf Amin sebagai wakilnya dalam kontestasi Pilpres 2019.

Didukung oleh sembilan partai politik yang mengatasnamakan 'Koalisi Indonesia Kerja', Jokowi mendeklarasikan pasangannya di daerah Menteng, Jakarta Pusat.

Keputusan ini di luar dugaan banyak pihak, sebelumnya diprediksi Jokowi akan didampingi oleh Mahfud MD. Mengingat pernyataan Mantan Ketua MA itu di media.

Namun pada akhirnya, roda politik 'Koalisi Indonesia Kerja' bermanuver ke arah cicit Imam Masjidil Haram tersebut.

"Maka saya putuskan dan saya mendapatkan persetujuan dari Koalisi Indonsia kerja bahwa yang akan mendampingi saya di Pilpres 2019-2024 adalah Prof DR KH Ma'ruf Amin," ujar Jokowi didampingi sejumlah ketua umum partai pendukungnya.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo telah mengumumkan sosok yang akan mendampinginya di Pilpres 2019 di daerah Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (9/8/2018).
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo telah mengumumkan sosok yang akan mendampinginya di Pilpres 2019 di daerah Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (9/8/2018). (SC Kompas TV)

Jokowi pun sekilas mengulas profil dari pendampingnya, Ma'ruf Amin dinilainya sebagai sosok utuh sebagai tokoh agama yang bijaksana.

"Beliau pernah duduk di legislatif, sebagai anggota DPRD, DPR RI, MPR RI, Watimpres, PBNU dan juga Ketua MUI, sekarang juga Ma'ruf Amin sebagai anggota BPIP," ujar Jokowi.

Prabowo - Sandiaga Uno

Di kubu penantang, koalisi de facto. Prabowo Subianto mengumumkan Sandiaga Uno sebagai cawapresnya.

Deklarasi Prabowo - Sandi ini dilakukan di kediaman ketua umum Partai Gerindra itu di Jalan Kertanegara, Kabayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (9/8/2018).

"Baru saja pimpinan dari tiga parpol telah memutuskan dan memberikan kepercayaan kepada saya Prabowo Subianto dan saudara Sandiaga Uno untuk maju sebagai calon presiden dan calon wakil presiden untuk masa bakti 2019 - 2024," ujar Prabowo seperti dalam tayangan live Kompas TV, Kamis (9/8/2018) malam.

BREAKING NEWS: Prabowo Subianto Pinang Sandiaga Uno Maju di Pilpres 2019

Ini Penyakit Paling Mematikan yang Mungkin Terjadi Saat Mendaki Gunung, Kenali Gejalanya

Segini Harta Kekayaan KH Maruf Amin, Cawapres Jokowi di Pilpres 2019

Prabowo mengatakan, proses penentuan cawapres ini berjalan alot.

"Proses demokrasi ini saya pun berunding terus dengan tokoh politik dari PKS, PAN, Demokrat karena membangun suatu koalisi itu tidak mudah," kata Prabowo.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved