Hindari Penumpukan Kendaraan di Cileunyi, Jalur Tol Cigatas Diubah

Tol Cigatas ini tidak akan melewati Cileunyi, tol ini akan melewati Gedebage dan Majalaya, sebelum mencapai Garut.

Hindari Penumpukan Kendaraan di Cileunyi, Jalur Tol Cigatas Diubah
Infografis Cigatas Mendesak 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG  - Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas) yang rencananya segera dikerjakan dalam waktu dekat, kemungkinan akan berganti jalur dari yang telah ditetapkan.

Tol Cigatas ini tidak akan melewati Cileunyi,  tol ini akan melewati Gedebage dan Majalaya, sebelum mencapai Garut.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa, mengatakan dari hasil Feasibility Study yang selesai pada 2016, Tol Cigatas akan mengalami perubahan jalur dan kemungkinan namanya bukan lagi Cigatas karena tidak akan melewati Cileunyi.

Berdasarkan hasil review feasibility study pada 2016, daya dukung lahan dan lingkungan tol ini ternyata tidak pas jika jalan Cigatas memiliki rute Cileunyi, Garut, dan Tasikmalaya.

"Karena kalau itu dilakukan, maka di Cileunyi terjadi traffic jam. Pasalnya, jalur tersebut melewati Ujungberung, Rancekek, dan Sumedang," kata Iwa di Gedung Sate, Kamis (9/8/2018).

Tangan Dingin Rahmad Darmawan Bisa Ganjal Kemenangan Persib Bandung di Kandang Mitra Kukar

Untuk menghindari traffic jam tersebut, kata Iwa, Pemprov Jabar mencoba berkoordinasi dengan 9 kepala daerah di wilayah bagian selatan. Yakni, Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Garut, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Ciamis, Banjar dan Pangandaran.

"Ternyata semua sepakat jalur ini sangat penting untuk dibangun," katanya.

Untuk meningkatkan efek ekonomi lebih jauh, hasil Feasibility Study itu menetapkan jalur Cigatas diawali dari Gedebage yang sudah menjadi bagian dari conectivity BIUTR. Bahkan, pembangunannya sudah selesai 2,1 kilometer.

"Dan untuk meningkatkan ekonomi di Majalaya. Maka jalur Cigatas diubah jadi Gedebage, Majalaya, Garut, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Ciamis, dan Banjar," kata Iwa yang menyatalan belum ada nama baru selain Cigatas.

Halaman
123
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Yudha Maulana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved