Wilayah Selatan Jawa Timur Diguncang Gempa Bumi Berkekuatan 5,6 SR, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa bumi tektonik berkekuatan 5,2 Skala Ritcher menggoyang wilayah Samudera Hindia selatan Jawa Timur pada Rabu (8/8/2018) sekitar pukul 13.09 WIB

Wilayah Selatan Jawa Timur Diguncang Gempa Bumi Berkekuatan 5,6 SR, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami
Shutterstock/Kompas.com
Ilustrasi gempa 

TRIBUNJABAR.ID, MALANG - Gempa bumi tektonik berkekuatan 5,2 Skala Ritcher menggoyang wilayah Samudera Hindia selatan Jawa Timur pada Rabu (8/8/2018) sekitar pukul 13.09 WIB.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 8,92 LS dan 112,41 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 88 km arah selatan Kota Kepanjen, Kabupaten Malang, Propinsi Jawa Timur pada kedalaman 42 km.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono mengatakan gempa ini dirasakan oleh masyarakat di daerah Malang, Karangkates dan Blitar pada skala II SIG-BMKG (III MMI), Tretes, Tulungagung, Lumajang, Yogyakarta, Kuta pada skala I SIG-BMKG (II MMI).

"Hingga pukul 13.30 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ujar Rahmat dalam siaran pers yang diterima Tribun Jabar, Rabu (8/8/2018).

Rahmat mengatakan, sejauh ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan gempa bumi tersebut. "Dari hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," ujar Rahmat.

Nasi Kuning Basudara, Bisnis Kuliner Rumahan yang Menawarkan Menu Nasi Kuning Khas Manado

Kerap Disebut-sebut Terlibat, Anak Mantan Bupati Subang Bakal Dipanggil ke Persidangan Kasus Korupsi

Mencari Jasa Penyanyi, Aktris, Motivator, Lebih Mudah dengan Talent-Hub

Penulis: Yudha Maulana
Editor: Yudha Maulana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved