Tribun Health

Influenza, Penyakit Saluran Napas Akut yang Mudah Menular, Pahami Gejala dan Bahayanya

Penularan virus sangat mudah terjadi melalui udara (aerosol) dan percikan ludah (droplet) kontak langsung dari seseorang yang infeksius.

Influenza, Penyakit Saluran Napas Akut yang Mudah Menular, Pahami Gejala dan Bahayanya
Ilustrasi sakit batuk dan flu 

TRIBUNJABAR.ID - Anggota Satgas Imunisasi Dewasa Kementerian Kesehatan, Dr dr Iris Rengganis SpPD, KAI, FINASIM, mengatakan, influenza merupakan penyakit saluran napas akut yang mudah menular yang disebabkan virus influenza yang beredar di seluruh dunia.

Penularan virus sangat mudah terjadi melalui udara (aerosol) dan percikan ludah (droplet) kontak langsung dari seseorang yang infeksius.

Menurut WHO, diperkirakan hingga 500.000 kematian akibat influenza terjadi setiap tahun.

Setiap orang (termasuk yang sehat) dapat terjangkit influenza dan komplikasi dapat terjadi terutama pada kelompok berisiko tinggi, yakni anak-anak, usia lanjut lebih dari 65 tahun, individu dengan penyakit kronik, dan ibu hamil.

"Komplikasi akibat influenza dapat berupa radang paru, infeksi telinga, infeksi sinus, dan perburukan kondisi medis seperti gagal jantung kongestif, asma atau diabetes. Selain itu kematian juga dapat terjadi akibat komplikasi influenza," kata Iris di Gedung Kemenpora, Jakarta Pusat, Senin (16/7/2018).

Vaksinasi untuk mendukung optimalisasi pelaksanaan tugas dalam upaya meningkatkan prestasi olahraga pada Asian Games dan Asian Paragames 2018.

Kegiatan ini diselenggarakan atas kerja sama antara Satgas Imunisasi Dewasa PBPAPDI dengan Sanofi Pasteur Indonesia dan berlangsung di Gedung Kemenpora, Jakarta Pusat, Senin (16/7/2018).

Deputi IV/Bidang Peningkatan Prestasi, Kemenpora RI, Prof Dr Mulyana MPd mengatakan, secara bertahap ke-940 atlet kontingen Indonesia akan mendapatkan vaksin influenza.

"Ini baru pertama kali kita lakukan. Hari ini ada 120 atlet yang mengikuti. Tentu secara bertahap kita akan berikan vaksin kepada seluruh atlet," kata Mulyana.

Mulyana mengatakan, seorang atlet membutuhkan kondisi fisik yang sehat dan kuat.

Bila dilihat secara fisiologi, atlet adalah seseorang yang melakukan suatu aktivitas fisik yang berat, sehingga harus ditunjang dari segi gizi maupun daya tahan tubuh.

Saat diserang beberapa penyakit, terkadang tubuh tidak dapat menangkal penyakit tersebut secara optimal, sehingga dibutuhkan zat yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Zat tersebut dapat berupa vaksin.

Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved