Kampus

Ruang Jurusan, Aplikasi Buatan Mahasiswa Widyatama Bantu Pelajar Memilih Jurusan yang Tepat

Aplikasi ini bernama Ruang Jurusan. Aplikasi start up yang bisa membantu pelajar Indonesia untuk memilih jurusan minat pelajar.

Ruang Jurusan, Aplikasi Buatan Mahasiswa Widyatama Bantu Pelajar Memilih Jurusan yang Tepat
Istimewa
Mahasiswa Universitas Widyatama menciptakan aplikasi sinkronisasi kemampuan untuk memilih jurusan yang tepat, berbasis android. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilda Rubiah

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Mahasiswa Universitas Widyatama menciptakan aplikasi sinkronisasi kemampuan untuk memilih jurusan yang tepat, berbasis android.

Aplikasi ini bernama Ruang Jurusan. Aplikasi start up yang bisa membantu pelajar Indonesia untuk memilih jurusan minat pelajar.

"Aplikasi ini akan mengantarkan pelajar Indonesia agar tidak salah pilih untuk masuk jurusan," ujar Via, satu di antara mahasiswa inisiator pencipta aplikasi ruang jurusan saat ditemui Tribun Jabar di Kampus Widyatama, Selasa (31/7/2018).

Menurut Via, aplikasi ini akan mempengaruhi lebih tepatnya memperbaiki sumber daya manusia Indonesia agar kompeten, profesional, dan produktif dalam bidangnya.


Aplikasi tersebut akan mengsinkronkan antara lain kemampuan, cara berpikir, cara menghitung, dan karakteristik pengguna, sebagaimana data atau informasi yang diinput oleh pengguna.

Alasan dibuatnya aplikasi tersebut, menurut Via karena melihat berdasarkan penelitian IDF, menunjukkan 87 persen mahasiswa di Indonesia mengalami salah jurusan.

Via berasumsi kemungkinan mahasiswa mengalami salah jurusan karena kurangnya informasi secara detil bagaimana cara memilih jurusan sesuai dengan minat dan kemampuan yang dimiliki.

Pengarang TOP Sebut Adegan Viral Purnomo Mewakili Perasaan Pria Indonesia

Aplikasi ruang jurusan sekaligus khusus diciptakan untuk ke-ikutsertaan mahasiswa Widyatama dalam ajang Business Plan Competition 2018 tingkat nasional yang diadakan oleh Departemen Ekonomi Kreatif PSDKU UNAIR di Banyuwangi, dan berhasil menjadi juara pertama dari tiga tim Universitas Brawijaya juara kedua, dan Universitas Gadjah Mada juara ketiga.

Universitas Widyatama menjadi satu-satunya Universitas Swasta yang bekompetisi di babak 5 besar, meraih juara pertama dan mengalahkan tim dari Universitas Diponegoro, Tim dari Universitas Gadjah Mada, dan 2 Tim dari Universitas Brawijaya.

Mario Gomez Tepis Isu Merapatnya Guy Junior ke Persib Bandung

“Kami bangga bisa berkompetisi dengan 150 tim dari universitas-universitas di Indonesia,” ujar Via.

Maraknya bisnis digital memberikan peluang yang besar bagi kalangan milenial untuk mengembangkan kemampuan entrepreneur khususnya kalangan mahasiswa.

9 Pekerjaan Aneh di Masa Lalu yang Tak Akan Ditemui di Zaman Sekarang

Bisnis digital kini seolah-olah mendorong kaum kreatif berbondong-bondong membuat produk yang tengah digemari mulai dari kuliner, pakaian hingga layanan jasa seperti aplikasi ruang jasa tersebut.

Universitas Widyatama sebagai salah satu Perguruan Tinggi dengan tagline Friendly Campus for Future Business Pro ini, mendukung menghasilkan karya berbasis teknologi dan ekonomi untuk menyeimbangi era digital.

Penulis: Hilda Rubiah
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved