Gelombang Tinggi, Nelayan di Cipatujah Tasikmalaya Masih Banyak yang Belum Berani Melaut

Gelombang tinggi di perairan laut selatan Jawa masih diwaspadai sebagian besar nelayan di Pantai Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya.

Tribun Jabar/ Isep Heri Herdiansah
Sejumlah perahu nelayan terparkir rapi di dermaga Pamayangsari, Desa Sindangkerta, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (26/7/2018) Siang. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isep Heri

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Gelombang tinggi di perairan laut selatan Jawa masih diwaspadai sebagian besar nelayan di Pantai Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya.

Berdasarkan infomrasi yang dihimpung Tribun Jabar, masih banyak nelayan yang belum kembali melaut.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tasikmlaya, Ria Supriana mengatakan dari ratusan nelayan di sana hanya beberapa perahu yang beroperasi mencari ikan.

Daftar 10 Virus Komputer Paling Berbahaya di Dunia, Nomor 3 Bernama ILOVEYOU

Saat Bertemu Petinggi PKS, SBY Hanya Didampingi Ibas, Sekjen Demokrat Sebut AHY Ada Tugas Lain

"Dari laporan yang kami terima, ada tiga perahu yang sudah kembali melaut," kata Ria Supriana saat dihubungi via sambungan telepon, Senin (30/7/2018) siang.

Dia menuturkan, sebagian besar nelayan masih memarkirkan perahunya di dermaga lantaran mereka belum berani kembali berlayar.

Menurut laporan yang ia terima, kondisi ombak dan hembusan angin di kawasan Cipatujah saat ini sudah berangsur kembali normal.


"Kemarin berdasarkan pengumuman BMKG diperkirakan tanggal 29 akan ada ombak sampai empat hingga lima meter. Tapi berdasarkan laporan di lapangan, ombaknya tidak sebesar itu. Jadi kondisinya sudah relatif normal," katanya.

Ria menambahkan para pengungsi yang sempat mendiami tenda penampungan lantaran warung-warung hunian mereka sempat diterjang ombak pantai, kini telah kembali ke kediaman masing-masing.

Namun demikian, petugas BPBD tetap disiagakan di sejumlah titik mengantisipasi hal-hal yang memerlukan tanggapan cepat.

"Kami juga memgimbau kepada para nelayan, warga, agar tetap selalu waspada. Tapi jangan takut kembali beraktivitas sepertu biasa. Berdasarkan laporan di lapangan sekarang aktivitas warga di pantai selatan sudah kembali normal," kata dia. (*)

Penulis: Isep Heri Herdiansah
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved