Gerhana Bulan

Pasar Purnama Menambah Semarak Acara Observasi Gerhana Bulan di Imah Noong Lembang

Melalui ketiga teleskop tersebut, proses gerhana Bulan merah bisa disaksikan lebih jelas dengan beberapa sudut pandang.

Pasar Purnama Menambah Semarak Acara Observasi Gerhana Bulan di Imah Noong Lembang
Tribun Jabar/Fasko Dehotman
Teleskop tipe Refraktor 80 mm. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Fasko Dehotman

TRIBUNJABAR.ID,LEMBANG - Tidak hanya di Alun-Alun saja, beberapa masyarakat pun juga menyaksikan momen gerhana Bulan merah di Imah Noong, observatorium pribadi milik astronom Hendro Setyanto, Sabtu (28/7/2018) dinihari.

Imah Noong sendiri, terletak di Kampung Areng, Desa Wangunsari, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Lokasinya tidak jauh dari Observatorium Bosscha.

Di Imah Noong, pengunjung diberikan kesempatan menyaksikan langsung fenomena alam itu dengan tige tipe teleskop, yaitu RC 10 inchi, Refraktor 80 mm, dan Refraktor 60 mm.

Melalui ketiga teleskop tersebut, proses gerhana Bulan merah bisa disaksikan lebih jelas dengan beberapa sudut pandang.

Pakai Mata Telanjang, Warga Kota Bandung Antusias Saksikan Gerhana Bulan Merah di Alun-alun Bandung

Tidak sekedar menyaksikan, beberapa pengunjung turut mengabadikan momen gerhana Bulan tersebut melalui kamera ponsel mereka secara bergiliran.

Selain itu, Imah Noong juga menggelar kegiatan seru lainnya yang diadakan pada 27-28 Juli 2018.

Seperti halnya Pasar Purnama yang baru diadakan pertama kali oleh Imah Noong.

Pasar Purnama ini terdiri dari sejumlah rangkaian kegiatan menarik, seperti jajanan pasar, planetarium, salat gerhana, kreasi kampung, kemah, dan homestay.

Hendro Setyanto, Pemilik Observatorium Imah Noong, mengatakan, Pada tahun ini, kegiatan pengamatan Gerhana Bulan itu sudah memasuki tahun kelima.

Jangan Terkecoh, Asam Urat Bukan Rematik, Ini Obat Alami Atasi Asam Urat

"Bisa dikatakan, pengamatan gerhana Bulan kali ini lebih rame ketimbang tahun kemaren, karena besarnya antusias warga maupun wisatawan yang ingin melihat fenoma langka gerhana Bulan merah," ujar Hendro kepada Tribun Jabar, saat ditemui di Imah Noong, Sabtu (28/7/2018) dinihari.

Hendro menuturkan, warga yang menyaksikan gerhana Bulan merah di Imah Noong, turut didampingi oleh sejumlah, Mahasiwa Isbi, Mahasiwa Upi, Mahasiwa Unpar, Mahasiswa IKIP Siliwangi yang kebetulan KKN di Kampung Areng, serta berbagai stake holder lainnya.

"Mahasiswa itu juga yang membantu menjelaskan kepada pengunjung tentang gerhana Bulan tersebut. Bagi pengunjung yang ingin melihat gerhana Bulan Merah, bisa menggunakan tiga teleskop yang tersedia di Imah Noong," ujar Hendro.

Penulis: Fasko dehotman
Editor: Yudha Maulana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved