Gerhana Bulan

Sisi Spiritual di Balik Berkemah Sambil Menyaksikan Gerhana Bulan Total Bersama Salman ITB

Ada makna spiritual karena berkemah dan menyaksikan GBT tidak terlepas dari kegiatan beribadah.

Sisi Spiritual di Balik Berkemah Sambil Menyaksikan Gerhana Bulan Total Bersama Salman ITB
resi siti jubaedah/tribun jabar
Suasana Camp Astro yang diadakan Salman ITB untuk menyambut GBT (Gerhana Bulan Total) 28 Juli 2018, dini hari. 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hilda Rubiah

TRIBUNJABAR, BANDUNG - Menyambut fenomena langka GBT, Salman ITB mengadakan Camp Astro untuk moment keluarga.

Dalam kegiatan Camp Astro tersebut, Huseino (27) Ketua Pelaksana Kegiatan mengatakan dari kegiatan berkemah dan menyaksikan GBT tersebut, ada sisi dan makna spiritual yang dibangun.

Ada makna spiritual karena berkemah dan menyaksikan GBT tidak terlepas dari kegiatan beribadah.

"Kami sengaja mengadakan acara camp astro berdekatan dengan Masjid, agar kegiatan berlangsung tak terlepas dari aktivitas spiritual, yaitu beribadah," ujar Huseino (27) Ketua Pelaksana Camp Astro Salman ITB kepada Tribun Jabar saat ditemui di lingkungan Masjid Salman ITB, Jumat (27/7/2018).

Selain dari segi edukasi yang menjelaskan secara ilmiah terjadinya Gerhana, akan ada pula pemaparan religi yang disampaikan melalui khutbah setelah shalat khusuf (gerhana bulan).

Adapun jelas dilaksanakannya kegiatan shalat khusuf berjemaah pun akan memicu kesadaran spiritual yang bisa didapat dalam kegiatan tersebut.

Bagus, orangtua peserta kegiatan Camp Astro mengatakan sangat mendukung acara tersebut, karena menurutnya ada sisi spiritual yang dapat diambil dari kegiatan berkemah dan menyaksikan Gerhana tersebut.

Ia berpendapat dengan kegiatan yang dilakukan dari momentum shalat khusuf (gerhana bulan) serta menyaksikan secara langsung Gerhana Bulan Total tersebut, akan memicu kesadaran bahwa adanya fenomena langka tersebut karena adanya kebesaran Sang Pencipta, Tuhan Yang Maha Esa.

Dengan sendirinya anak-anak atau bahkan orangtua yang menyaksikan fenomena Gerhana tersebut pun sekejap menyadari adanya tanda-tanda kebesaran Allah SWT.(*)

Penulis: Resi Siti Jubaedah
Editor: Ravianto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved