Perbaiki Prestasi pada 2016, Kabupaten Bandung Targetkan Juara Umum di POPDA Tahun Ini

Untuk merealisasikan target tersebut, pihaknya mengirimkan atlet unggulan pada cabang olahraga tertentu

Perbaiki Prestasi pada 2016, Kabupaten Bandung Targetkan Juara Umum di  POPDA Tahun Ini
Istimewa
Bupati Bandung Dadang M Naser melepas langsung para atlet SMA sederajat dalam Pelepasan Kontingen POPDA XII Kabupaten Bandung di Lapangan Tenis Soreang, Jumat (27/7/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNJABAR.ID, SOREANG- Pemerintah Kabupaten Bandung targetkan juara umum pada perhelatan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) ke XII yang akan dilaksanakan tanggal 29 Juli hingga 3 Agustus 2018.

"Pada POPDA tahun ini kami menargetkan juara umum untuk memperbaiki target pada POPDA XI tahun 2016 sebagai juara umum ke dua," ujar Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bandung, Slamet Mulyana, dalam acara Pelepasan Kontingen POPDA XII Kabupaten Bandung di Lapangan Tenis Soreang, Jumat (27/7/2018).

Untuk merealisasikan target tersebut, pihaknya mengirimkan atlet unggulan pada cabang olahraga tertentu semisal tarung derajat, angkat besi, karate, pencak silat, renang, tae kwon do, senam, dan panahan.

"Kami mengikuti 19 cabor dari total 21 cabor yang akan dipertandingkan. Dengan jumlah 313 orang yang terdiri dari 224 atlet, 52 pelatih, dan 37 orang official," katanya.

Dua Tewas Satu Kritis Usai Tenggak Miras Oplosan di Karawang

Nantinya, ada enam tempat yang dijadikan tempat pertandingan. Pertama kawasan Stadion Olah Raga (SOR) Si Jalak Harupat yang akan dijadikan venue bola voli indoor.

SOR Padjajaran untuk angkat besi, karate, pencak silat, renang dan tinju. SOR Arcamanik untuk atletik, bola basket, bola voli pasir, gulat, panahan, senam, sepak takraw, tae kwon do, tarung derajat dan tenis meja.

"Lapangan Lodaya untuk sepak bola dan bulu tangkis. Situ Cipole untuk dayung serta tenis meja akan dilaksanakan di Jatinangor," kata Slamet.

Bupati Bandung, Dadang M Naser, yang melepas langsung kontingen, menyebut keikutsertaan Kabupaten Bandung di POPDA bisa menjadi ajang mencari bibit atlet yang potensial dan ajang untuk berprestasi di bidang olahraga.

"Olahraga merupakan sarana pembinaan karakter bangsa yang tidak terbatas dari fisik saja tapi juga mental. Oleh karena itu selain melatih fisik, para pelatih juga harus melatih mental atletnya," ujarnya di Soreang.

Menurutnya olahraga memiliki aspek penting terhadap pembangunan bangsa. Ia meminta Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Bandung untuk terus berkoordinasi dalam membina keolahragaan bagi pelajar.

"Saya berpesan kepada seluruh kontingan Kabupaten Bandung untuk meraih prestasi setinggi mungkin, dengan tetap menjunjung tinggi sportivitas," katanya. (*)

Penulis: Mumu Mujahidin
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved