Prakiraan Cuaca

Anda Mau Menyaksikan Gerhana Bulan Total Dini Hari Nanti? Lihat Prakiraan Cuacanya Hari Ini

Anda berencana mengamati gerhana bulan total pada dini hari nanti dari wilayah Bandung Raya? Berikut prakiraan cuacanya sepanjang hari ini.

Anda Mau Menyaksikan Gerhana Bulan Total Dini Hari Nanti? Lihat Prakiraan Cuacanya Hari Ini
Vogue
Gerhana bulan total 'Blood Moon' 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Yongky Yulius

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Anda berencana mengamati gerhana bulan total pada dini hari nanti dari wilayah Bandung Raya? Berikut prakiraan cuacanya sepanjang hari ini.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Tribun Jabar dari BMKG Bandung, pada pagi hari, Jumat (27/8/2018) seluruh Bandung Raya meliputi Bandung utara, selatan, tengah, barat, dan timur berpotensi cerah berawan.

Kemudian, pada siang hari, Bandung utara, timur, dan barat berpotensi berawan, sedangkan Bandung selatan dan tengah berpotensi hujan ringan.

Seperti diketahui, paling ideal, GBT bisa disaksikan saat bulan bergerak naik, di titik tertinggi pada pukul 20.21 GMT (Sabtu, 03.21 WIB).

Sayangnya, pada malam hingga mulai memasuki Sabtu (28/7/2018) dini hari, seluruh Bandung Raya rupanya berpotensi berawan.

Jokowi Akan Lantik 1.456 Orang Pamong Praja IPDN

Deretan Pemain Jebolan Persib Bandung Ini Makin Moncer di Klub Lain, Siapa Mereka?

"Kelembapan udara pada ketinggian 3 km (700 mb) di wilayah Jawa Barat relatif kering sehingga kurang mendukung pertumbuhan awan yang menyebabkan peluang terbentuknya awan hujan di sebagian Jawa Barat, termasuk Bandung. MJO kuadran enam, tidak berkontribusi pada pembentukan awan hujan di Indonesia," kata Prakirawan BMKG Bandung Yuni Yulianti dalam keterangan tertulis yang diterima Tribun Jabar.

Cuaca itu, lanjutnya, berpotensi disertai suhu yang diperkirakan berada di angka 19,2 hingga 30,2 derajat celsius.

Kemudian kelembapan udara Bandung Raya, berkisar antara 45-87 persen.

Angin, secara umum berembus dari arah tenggara berkecepatan 5-19 kilometer per jam.

"Kondisi umum sirkulasi anginnya, ada badai Jongdari di perairan sebelah timur laut Filipina dan tekanan udara rendah di barat Sumatera, sekitar Myanmar, Vietnam, dan Pakistan. Tekanan udara tinggi di barat daya Australia," kata Yuni Yulianti.

Penulis: Yongky Yulius
Editor: Yudha Maulana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved