Pilkada Serentak

DPRD Jabar Apresiasi Kesuksesan Pilkada Serentak di Jawa Barat

Selain mengapresiasi suksesnya pelaksanaan Pilkada Serentak, Ineu pun mengapresiasi meningkatnya jumlah partispasi masyarakat

Penulis: Syarif Pulloh Anwari | Editor: Kisdiantoro
TRIBUN JABAR/M SYARIF ABDUSSALAM
Ketua DPRD Jabar, Ineu Purwadewi Sundari, menerima Surat Keputusan Penetapan Pasangan Calon Terpilih Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Tahun 2018 dari Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat, di Kantor KPU Jawa Barat, Kota Bandung, Selasa (24/7/2018) 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari mengapresiasi dan berterima kasih kepada seluruh elemen masyarakat Jawa Barat yang telah membantu suksesnya penyelenggaraan Pilkada Serentak di Jawa Barat.

Hal tersebut disampaikan Ineu saat menghadiri Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Terpilih Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Tahun 2018, di Ruang Aula Setya Permana di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat, Jalan Garut, Kota Bandung, Selasa (24/7/2018)

“Saya berterima kasih kepada seluruh pihak, awalnya banyak orang yang mengkhawatirkan pelaksanaan pilkada di Jawa Barat ini. Tapi nyatanya berjalan aman, lancar, dan kondusif,“ ucap Ineu.


Ineu menambahkan, hasil tersebut adalah berkat kerja sama semua elemen masyarakat Jawa Barat.

Selain mengapresiasi suksesnya pelaksanaan Pilkada Serentak, Ineu pun mengapresiasi meningkatnya jumlah partispasi masyarakat dalam pilkada kali ini, terutama Pilgub Jabar 2018.

Ia pun menilai, meningkatnya partisipasi dan suksesnya penyelanggaraan pilkada serentak di Jawa Barat pada 2018 tersebut sebagai cerminan kedewasaan masyarakat Jawa Barat dalam berdemokrasi.

“Kiranya pelaksanaan pilkada serentak ini menjadi cerminan bagi kita bersama sebagai masyarakat Jawa Barat yang menandakan kedewasaan, kebebasan berdemokrasi, dan bersikap di tengah isu kekhawatiran penyelenggaraan pilkada serentak di Jawa Barat,” kata Ineu.

Menurut Pemerhati Anak, Ini Upaya yang Dapat Dilakukan Agar Tragedi di Garut Tak Terulang Kembali

Sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, Dan Walikota, pihaknya menggelar Rapat Paripurna Istimewa Pengumuman Hasil Penetapan KPU Perihal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat terpilih Masa Jabatan 2018-2023.

DPRD Jabar, katanya, akan mengajukan pelantikan pasangan terpilih ini kepada Presiden RI dengan memberikan surat keputusan rapat tersebut.

“Kami berharap setelah ini prosesnya akan terus berjalan lancar sampai pelantikan oleh Presiden Republik Indonesia. Ini bukan hanya menjadi harapan kami, tetapi menjadi harapan semua masyarakat Jawa Barat yang tentunya menaruh harapan kepada Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih untuk segera melaksanakan tugasnya” ucapnya menambahkan.

Lebih lanjut Ineu pun menekankan bahwa, gubernur dan wakil gubernur adalah unsur pemerintahan daerah bersama DPRD, dengan demikian pihaknya akan berupaya membangun sinergitas dengan gubernur dan wakil gubernur terpilih yang pada saatnya nanti akan berkerjasama secara harmonis.

“Sehingga pembangunan pemerintahan dan kemasyarakatan berjalan dengan baik sesuai dengan harapan masyarakat Jawa Barat,” kata Ineu.

Empat Jam Geledah Kamar Tahanan di Lapas Sukamiskin, Petugas KPK Bawa Satu Koper Dokumen

Selain itu Ineu menyampaikan apresiasinya kepada kepada tiga pasangan calon beserta pendukungnya yang telah secara sportif menyatakan menerima hasil pilkada serentak dan pasangan calon terpilih yang telah dengan rendah hati membuka diri menerima masukan dari paslon lain untuk bekerja sama demi kebaikan dan kemajuan Jawa Barat.

“Sukses penyelenggaraan ini adalah sukses kita bersama dan penyelenggaraan ini adalah ujian sejauh mana kita berdemokrasi yang baik, sejauh mana kita bisa menjaga keberlangsungan serta jalannya pembangunan," ujar Ineu.

Sebelumnya, KPU Provinsi Jawa Barat telah menetapkan dan mengesahkan pasangan calon M Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum sebagai pasangan calon terpilih pada Pilgub Jabar 2018.

KPAI Akan Fasilitasi Proses Trauma Healing Bocah Pelaku Penikaman di Garut

Hasil rekapitulasi penghitungan suara menunjukkan bahwa pasangan Rindu ini unggul dengan perolehan suara sah sebanyak 7.226.254 (32,88 persen), disusul pasangan calon Sudrajat-Ahmad Syaikhu dengan raihan suara sah sebanyak 6.317.465 suara (28,74 persen). Selanjutnya, pada posisi ketiga ditempati oleh pasangan calon Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi dengan raihan suara sah sebanyak 5.663.198 (25,77 persen), dan terakhir ditempati oleh pasangan calon TB Hasanuddin- Anton Charliyan dengan raihan suara 2.773.078 (12,62 persen). (Sam)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved