Kalapas Sukamiskin Ditangkap KPK

32 Saung di Lapas Sukamiskin Dibongkar, Dodot: Akan Dibangun Tempat Baru oleh Negara

Dodot menyampaikan, bahwa saung yang dibongkar tersebut dibangun dari warga binaan sejak dulu.

32 Saung di Lapas Sukamiskin Dibongkar, Dodot: Akan Dibangun Tempat Baru oleh Negara
Tribun Jabar/Daniel Andreand Damanik
Plt Kakanwil Kemenkumham Jabar, Dodot Adi Koeswanto dan proses pengangkutan hasil pembongkaran saung di Lapas sukamiskin. 

Laporan Wartawan TribunJabar Daniel Andreand Damanik

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Sebanyak 32 saung yang ada di Lapas Klas I Sukamiskin telah dibongkar oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kakanwil Kemenkumham Jabar dan Pelaksana Harian (Plh) Kalapas Sukamiskin, Selasa (24/7/2018) malam.

Plt Kakanwil Kemenkumham Jabar, Dodot Adi Koeswanto dan Plh Kalapas Sukamiskin Kusnali secara langsung memimpin pembongkaran saung sejak pukul 17.00 WIB hingga pukul 00.00 WIB.

"Ada 32 saung yang kami bongkar. Ini sudah sesuai arahan Dirjen Pemasyarakatan pada waktu lalu. Setalah dibongkar akan dibangun tempat baru yang dibangun oleh negara," kata Dodot, Rabu (25/7/2018) dini hari.

Dodot menyampaikan, bahwa saung yang dibongkar tersebut dibangun dari warga binaan sejak dulu.

Fotonya Sudah Lama Dimuat di Bungkus Rokok, Dadang Baru Muncul Sekarang, Siapakah Dia Sebenarnya?

Pembangunan saung yang baru, dikatakan Dodot akan dibangun dari uang negara sehingga tidak ada lagi keistimewaan di antara warga binaan.

"Akan dibangun tempat yang representatif yang bisa digunakan oleh semua warga binaan , tidak untuk pribadi warga binaan. Awal permasalahan ialah, disaat ada pembeda -bedaan perlakuan terhadap warga binaan," kata Dodot.

Diantara Kantor dan blok hunian, dijelaskan Dodot merupakan tempat yang seharusnya untuk membesuk warga binaan. Lokasi pembangunan tempat membesuk yang baru akan ditempatkan di lokasi saung yang dibongkar, namun dijadikan satu.

Dilakukannya pembongkaran saung tersebut, alasannya ialah tidak sesuai dengan peruntukannya. Tujuannya untuk menghilangkan anggapan publik tentang adanya keistimewaan di balik Lapas Sukamiskin.

Repot Rekam Voice Note di WhatsApp ? Ini Cara Gunakan Fitur Hands-free, Tak Perlu Ribet Lagi

Barang-barang yang diangkut hasil pembongkaran saung ialah didominasi bambu, lemari, kasur busa, dan perlengkapan dapur untuk memasak.

Terkait jam besuk, Dodot menegaskan, tidak akan ada perbedaan jam besuk bagi pembesuk warga binaan, waktu besuk akan normal mulai pukul 09.00 WIB hingga 15.00 WIB.

Puluhan kali mobil truk dan mobil bak terbuka keluar masuk Lapas Sukamiskin untuk mengangkut barang dari saung yang dibongkar.

Barang-barang tersebut diantarkan ke rumah barang sitaan (rubasan) yang lokasinya tidak jauh dari Lapas Sukamiskin. Jika ada barang milik pribadi, akan dikembalikan ke pihak keluarga warga binaan, selebihnya akan dihancurkan.

Puluhan petugas dari Lapas dan Rutan yang ada di Kanwil Kemenkumham Jabar dikerahkan untuk membongkar saung tersebut. Hari ini (25/7/2018), proses pembersihan dikatakan Dodot akan dilanjutkan.

Penulis: Daniel Andreand Damanik
Editor: Yudha Maulana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved