Penangkapan Terduga Teroris

Terduga Teroris yang Rumahnya di Bandung Digeledah Tim Densus 88, Terkait Jaringan JAD

Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto menjelaskan, terduga teroris berinisial Rrs (49) yang ditangkap di Kabupaten Karawang . . .

Terduga Teroris yang Rumahnya di Bandung Digeledah Tim Densus 88, Terkait Jaringan JAD
Tribun Jabar/ Haryanto
Kapolda Jabar, Irjen Pol Agung Budi Maryoto 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha Sukarna

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto menjelaskan, terduga teroris berinisial Rrs (49) yang ditangkap di Kabupaten Karawang dan rumahnya di Kota Bandung yang digeledah Densus 88 Mabes Polri, terafiliasi jaringan teroris.

"Yang bersangkutan terkait jaringan Jamaah Ansharut Daulah, (JAD)" ujar Agung via pesan elektroniknya, Jumat (20/7/2018).

Saat penggeledahan, Densus 88 tidak menemukan satupun barang-barang Rrs yang terkait aksi terorisme.

Kelebihan dan Kekurangan Oppo Find X - Desain Elegan tapi Modul Kamera Naik Turun Rentan Kerusakan

Tingkatkan Kewaspadaan Terorisme, Jajaran Muspida dan Polres Kota Tasik Nonton Bareng Film 22 Menit

Istrinya sempat diamankan di Polsek Bojongloa Kidul namun dipulangkan kembali.

"Rrs sudah dibawa Densus 88 untuk diproses hukum. Polda Jabar sifatnya hanya membantu," ujar jenderal bintang dua ini.


Informasi dihimpun dari berbagai sumber, JAD dikenal sebagai organisasi jaringan terorisme yang muncuk pada 2015. Informasi lain menyebutkan, JAD dikenal dengan sebutan Jamaah Anshorut Daulah Khilafah Nusantara (JADKN).

Sejumlah aksi teror seperti di Jalan MH Thamrin, Polres Surakarta, penyerangan Mapolres Banyumas, bom panci di Cicendo Bandung, baku tembak di Tuban Jawa Timur, penyerangan Pospol Cikokol Banten, pengeboman Gereja Oikumene Samarinda hingga Surabaya didalangi jaringan ini.

Jaringan ini dipimpin langsung oleh Bahrun Naim yang disebut-sebut sebagai Koordinator ISIS Indonesia di Suriah. Di Indonesia, JAD dipimpin oleh Aman Abdurahman yang divonis mati hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Sebelumnya, Detasemen Khusus (Densus) 88 Mabes Polri menangkap terduga teroris di wilayah Jawa Barat (Jabar). Kali ini di wilayah Kabupaten Karawang.

"Penangkapannya di rest area KM 57 Tol Jakarta-Cikampek hari ini cuma informasi yang saya terima kediamannya di Jalan HT Sumantri Kota Bandung," ujar Kapolrestabes Bandung Kombes Hendro Pandowo via ponselnya, Kamis (19/7/2018).

Densus 88 Menggeledah Sebuah Gedung di Tasikmalaya, Terkait Terduga Teroris Asal Bandung

Terduga teroris yang berinisial Rrs (50) itu tinggal di Jalan Mohamad Toha, Kecamatan Bojongloa Kidul. Sebagai tindak lanjut dari penangkapan tersebut, Densus 88 Mabes Polri langsung menggeledah kediaman Rrs. (*)

Penulis: Mega Nugraha
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved