KONI Jabar Sebut Kota Tasikmalaya Paling Siap Jadi Tuan Rumah Porda 2022

Peninjau dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jabar menilai, untuk sementara, Kota Tasikmalaya. . .

KONI Jabar Sebut Kota Tasikmalaya Paling Siap Jadi Tuan Rumah Porda 2022
Tribun Jabar/Isep Heri Herdiansah
Rombongan Koni Jabar ditemani Koni Kota Tasikmalaya saat berfoto bersama di depan gedung Bale Kota, disela peninjauan kesiapan Kota Tasikmalaya untuk menjadi tuan rumah Porda Jabar 2022 mendatang, Jumat (20/7/2018) Siang. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isep Heri Herdiansah

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Peninjau dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jabar menilai, untuk sementara, Kota Tasikmalaya menjadi daerah paling siap menyelenggarakan helatan Pekan Olahraga Daerah Jawa Barat XIV 2022 mendatang.

Untuk menjadi tuan rumah ajang yang di helat empat tahunan tersebut, Kota Tasikmalaya bersaing dengan dua daerah lain, yakni Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Subang.

Namun, Wakil Ketua I Bidang Organinasi Komite Olahraga Nasional Indonesia Jabar, M Budiana yang melakukan peninjauan ke Kota Tasikmalaya menyebut penilaian kesiapan tersebut masih bersifat sementara.

"Sementara yang kita lihat paling siap Kota Tasikmalaya. Tapi kami belum pleno, saya belum bisa melampaui keputusan ketua umum KONI Jawa Barat," kata Budiana yang ditemui saat melakukan peninjauan, Jumat (20/7/2018).

Poin lebih Kota Tasikmalaya yang siap menghelat Porda dinilai dia bisa dilihat telah melakukannya koordinasi dengan pemerintah daerah penyangga di kawasan Priangan Timur untuk menyediakan fasilitas olahraga penunjang saat Porda mendatang.

"Dukungan venue dari wilayah yang ada di Priangan Timur atau Jabar selatan akan menjadi baik, jadi poin yang bagus. Mudah-mudahan itu akan mempengaruhi pemberian penilaian dalam bentuk skor terhadap kesiapan Kota Tasikmalaya," katanya.

Kendati demikian, Budiana meNjelaskan pihak KONI masih akan terus melakukan berbagai tahapan prosedural untuk menunjuk tuan rumah resmi.

"Tolok ukurnya banyak. Pertama fasilitas, lalu komitmen Pemerintah Kota Tasikmalaya, lalu dukungan DPRD, dan masyarakat. Kita merencanakan Porda itu tidak hanya untuk even olahraga saja, tapi juga ada aspek pembangunan, pemerataan ekonomi, pemberdayaan ekonomi," jelasnya.

Penunjukkan tuan rumah resmi Porda Jabar 2022 bakal ditetapkan pada Oktober mendatang berbarengan dengan helatan Porda Jabar XIII di Kabupaten Bogor melalui mekanisme pleno.

Penulis: Isep Heri Herdiansah
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved