Iwa Karniwa Klaim Transaksi Non-Tunai Cegah Praktik Korupsi

Transaksi non tunai ini, kata Iwa Karniwa, bisa mengurangi resiko kecurangan yang terjadi pada pengadaan barang dan jasa serta proses perizinan.

Iwa Karniwa Klaim Transaksi Non-Tunai Cegah Praktik Korupsi
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
ILUSTRASI uang rupiah

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Theofilus Richard

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Transaksi dalam mengurus perizinan harus dilakukan secara non-tunai untuk mencegah praktik kecurangan atau korupsi.

Hal itu disampaikan Sekda Pemprov Jawa Barat, Iwa Karniwa, ketika ditemui di Trans Luxury Hotel, Bandung, Kamis (19/7/2018).

"Saya mendorong terjadinya satu pembayaran cashless, semua aktivitas di Provinsi Jawa Barat. Semisal pembayaran rekanan, ke rekening bersangkutan, untuk mengurangi terjadinya fraud (kecurangan)," ujarnya.


Transaksi non tunai ini, kata Iwa Karniwa, bisa mengurangi resiko kecurangan yang terjadi pada pengadaan barang dan jasa serta proses perizinan.

Saat melakukan proses perizinan, bisa dilakukan secara online untuk meminimalisasi kontak dengan pihak tertentu.

"Ini yang kami coba perbaiki dengan sistem pelayanan terpadu satu pintu," ujarnya.

Dengan perizinan satu pintu, maka proses perizinan menjadi lebih singkat dan ruang untuk praktik penyuapan menjadi lebih kecil.

Tahun Ini, Hingga 19 Juli 2018, Ada 117 Kebakaran di Kota Bandung

Selain itu, jika pemerintah dapat menunjukan proses perizinan yang mudah, cepat, bebas dari praktik penyuapan, kata Iwa Karniwa, akan meningkatkan kepercayaan investor.

"Hasilnya investasi di Jawa Barat luar biasa tertinggi se-Indonesia, dampaknya penurunan kemiskinan signifikan, penurunan pengangguran, dan penurunan kesenjangan," ujarnya.

Tidak hanya perizinan, tapi pekerjaan yang memerlukan pembiayaan harus dilakukan tanpa uang tunai, termasuk perjalanan dinas.

Sehingga transfer dapat dilakukan antar rekening, bukan tunai.

Tahun Ini, Hingga 19 Juli 2018, Ada 117 Kebakaran di Kota Bandung

Penulis: Theofilus Richard
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved