Ethnic Food 2018, Berbagai Makanan dan Minuman khas Jabar ada di Festival Ini

Berbagai jenis makanan dan minuman berbahan buah dan sayur dari berbagai daerah di Jawa Barat pun dapat ditemui di acara ini.

Ethnic Food 2018, Berbagai Makanan dan Minuman khas Jabar ada di Festival Ini
Tribun Jabar/Syarif Abdussalam
Penjabat Gubernur Jawa Barat, M Iriawan saat berkunjung ke salah satu stand di Ethnic Food 2018 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Festival Keanekaragaman Makanan Berbahan Baku Lokal (Ethic Food) 2018 berbasis aneka sayur dan buah digelar di Trans Studio Mall (TSM) Bandung pada 13-15 Juli 2018.

Berbagai jenis makanan dan minuman berbahan buah dan sayur dari berbagai daerah di Jawa Barat pun dapat ditemui di acara ini.

Mulai dari sirup, kue, dan keripik olahan mangga dari Cirebon, minuman jeruk nipis dari Kuningan, berbagai manisan Cianjur, olahan makanan ringan dari Bandung, sampai penganan khas 27 daerah di Jawa Barat bisa didapat di sini.

Kegiatan ini dibuka oleh Penjabat Gubernur Jabar Mochamad Iriawan dan Penjabat Ketua Penggerak PKK Jabar Novita Ariyanti.

Sambutan Iriawan pun berlangsung dengan santai dan menjadi talkshow dengan chef yang menjadi juri lomba kreasi makanan dan para kepala dinas perdagangan dari kabupaten kota.

Iriawan terkejut dengan kreasi para kader PKK dan produk-produk pangan unggulan dari berbagai daerah di Jawa Barat, terutama selai sawo belanda, keripik daun jambu, dan produk olahan mangga gedong gincu.

"Saya minta kepala dinas segera siapkan surat, minta bupati dan walikota dorong produk-produk kreatif ini. Berdayakan rumah kemasan supaya produk-produk unggulan kita bisa bagus," kata Iriawan dalam sambutannya.

Menurut Iriawan, berbagai produk pangan ini harus bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Makanan olahan ini, katanya, sudah bisa dikatakan layak ekspor.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat, Moh Arifin Soedjayana, mengatakan acara ini digelar dalam rangka mendorong pengembangan kreatifitas olahan sayur dan buah serta meningkatkan konsumsi pangan lokal.

Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Yudha Maulana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved