Pilkada Serentak

Klaim Kemenangan di Pilbup Purwakarta, Luthfi Bamala Menilai Itu Hak Setiap Paslon

Cawabup Purwakarta Luthfi Bamala menyebutkan menyatakan kemenangan dalam suatu Pilkada merupakan hak setiap paslon.

Penulis: Haryanto | Editor: Dedy Herdiana
TRIBUN JABAR/HARYANTO
Cawabup Purwakarta Luthfi Bamala 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Haryanto

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Cawabup Purwakarta Luthfi Bamala menyebutkan menyatakan kemenangan dalam suatu Pilkada merupakan hak setiap paslon.

"Klaim kemenangan kan bebas-bebas aja, itu haknya, yang menentukan menang kalahnya kan nanti dari hasil KPU," kata Luthfi, saat ditemui di Masjid Agung Baing Yusuf, Nagri Kidul, Purwakarta, Kamis (28/6/2018).

Baca: Anak Marcella Zalianty Mengidap Tumor Otak, Kenali Tanda-tanda Penyakitnya pada Si Kecil

Baca: Aura Kasih: Soal Video yang Dibilang Dimirip-miripin, Sudah Pasti Bukan Aku lah

Ia bersama timnya telah mendeklarasikan kemenangannya berdasarkan hasil hitung cepat internalnya di Masjid Agung Baing Yusuf, Purwakarta, Rabu (27/6/2018) malam.

Ia menyebut bahwa dirinya telah berada di posisi pertama pada kontestasi Pilbup Purwakarta.

Pada hitung cepat yang dilakukan pihaknya sendiri, paslon nomor urut tiga itu mendapatkan suara sebanyak 44.03 persen, lebih besar dibandingkan paslon lainnya.

Angka tersebut berasal hasil hitung oleh saksi yang disebar tim Zalu disetiap TPS yang ada di Purwakarta sebanyak 1.492 TPS.

"Kalau malam, yang kami laksanakan, ya kami sudah hasil hitung dari form C1. Lalu siapa yang benar, ya, nanti kita lihat di KPU. Kalau kami, menyatakan demi Allah kami benar," ujar dia.

Diketahui, berdasarkan perhitungan pihaknya dari C1 setiap TPS tersebut, paslon nomor urut 1 Padil Karsoma-Acep Maman (Paman) meraih suara sebanyak 16,84 persen, dan nomor urut 2, Anne Ratna Mustika-Aming (2A) mendapatkan suara 39,11 persen.

Dengan begitu ia pun telah menyatakan kemenangan dirinya bersama Cabupnya Zainal Arifin.

Gelaran hajat kemenangan pun dipertegas dengan adanya Gelar Sajadah dan Tasyakur Zalu beserta timses dan para simpatisannya, di masjid yang terletak tidak jauh dari Pemkab Purwakarta itu.

Oleh karena itu, ia pun berharap pihak penyelenggara, khususnya KPU bisa jujur dan adil dengan hasil yang diperolehnya nanti.

"Kami akan kawal suara kita sampai KPU, dan mudah mudahan KPU bertindak dan bersikap seadil adilnya," ujar dia.

Sementara itu, saat Tribun Jabar akan mengkonfirmasi lebih jauh kepada Calon Bupati Purwakarta yang telah mengklaim kemenangannya itu, Zainal Arifin enggan diwawancarai.

Namun, perolehan jumlah suara yang berasal dari pihak Zalu, berbeda dengan data rekapitulasi dari KPU Jabar, yang bisa diakses melalui web infokpujabar.org.

Pada web tersebut, menunjukan bahwa Paslon yang menduduki urutan pertama ialah pasangan Anne Ratna Mustika dan Aming.

Paslon Bupati dan Wakil Bupati Purwakarta nomor urut dua itu meraih 44.37 persen suara. Sedangkan pasangan Zalu, mendapatkan 38.48 persen suara, disusul, pasangan Paman sebesar 17.15 persen.

Rekapitulasi itu berdasarkan real count, hasil hitung TPS dari form C1 dengan data yang baru masuk pada pukul 19.40 WIB sebanyak 35.59 persen, atau 531 suara dari 1.492 TPS. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved