Pilwalkot Bandung

Hasil Survei CSI, Elektabilitas Oded-Yana Ungguli Dua Pasangan Lainnya

Elektabilitas pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Bandung nomor urut tiga Oded M Danial-Yana Mulyana unggul dibandingkan . . .

Penulis: Yongky Yulius | Editor: Dedy Herdiana
Tribun Jabar/Tiah SM
Oded M Danial akhirnya mendapat pasangan resmi di Pilwalkot Bandung 2018-2023. Oded disandingkan dengan Yana Mulyana dari Gerindra di hari terakhir pendaftaran, Rabu (10/1/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Yongky Yulius

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Elektabilitas pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Bandung nomor urut tiga Oded M Danial-Yana Mulyana unggul dibandingkan dua pasangan lainnya dalam hasil survei lembaga Citra Survei Indonesia (CSI).

Dalam rilis hasil survei CSI yang diterima Tribun Jabar, paslon nomor satu Nurul Arifin-Chairul Yakin Hidayat memperoleh elektablitias sebesar 24,1 persen, pasangan nomor dua Yossi Irianto-Aries Supriatna sebesar 18,5 persen, dan pasangan nomor tiga Oded M Danial-Yana Mulyana sebesar 48,9 persen, sedangkan yang tidak tahu (TT) atau belum menentukan sebesar 8,5 persen.

Baca: Disebut Tak Punya Hati Nurani, Nahkoda KMP Sumut II Ungkap Alasan Tak Tolong Korban KM Sinar Bangun

Baca: Sehari Sebelum Meninggal, Ginan Masih Sempat Bercanda

Survei ini dilakukan CSI bersama mitra survei Pusat Kajian Komunikasi Politik Indonesia (PKKPI) dan Indo Monitoring pada periode 26 Mei-2 Juni 2018 di semua kecamatan di Kota Bandung.

Totalnya ada 440 responden yang disurvei menggunakan metode multistage random sampling, wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner, dan margin of error sekitar 4,8 persen.


“Secara spontan pasangan Oded-Yana cukup diinginkan oleh masyarakat untuk saat ini. Nama Oded masih ada brand dulunya Wakil Walikota Ridwan Kamil, konsepnya meneruskan Bandung Juara, dan Yana juga tampaknya ikut menguatkan di lapangan,” kata Pimpinan PKKPI Gede M Soekawati dalam rilis.

“Perlu juga diwaspadai kuat pasangan Nurul-Ruli dan Yossi- Aries akan terus membanyangi namun kedua pasangan ini memang harus super ekstra untuk berjuang meski nama Nurul yang artis dan Yossi mantan sekda di publik masih lebih tingi tingkat kepopuleran Oded yang mana dia adalah petahana Wakil Walikota ini kuat di publik,” sambungnya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif CSI Aendra Medita, mengatakan, paslon Oded-Yana memiliki relawan PKS dan pasukan pendukung Gerindra yang cukup solid di Kota Bandung.

Baca: Peluang Argentina Lolos ke 16 Besar Piala Dunia Semakin Terbuka

Baca: Kutukan yang Menyerang Kerajaan Inggris, Rusia, & Spanyol, Terkait Nenek Buyut Ratu Elizabeth II

“Bisa jadi elektabilitas Oded-Yana ini bukan hanya dirinya dikenal tapi mereka dipopulerkan oleh relawannya yang militan,” ujarnya di Hotel Luxton, Jalan Ir H Djuanda, Kota Bandung, Jumat (22/6/2018).

"Saya melihat ini tidak mengesampingkan nama pasangan Nurul-Ruli atau Yossi-Aries yang juga turun ke bawah dengan relawannya yang kuat, namun kenyataan di lapangan adanya begitu dari data kami," lanjutnya. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved