1.200 Petugas Kebersihan Dikerahkan Bersihkan Sampah yang Menggunung di Bandung

Petugas PD Kebersihan pada musim libur lebaran bertugas di tujuh titik di Kota Bandung yang berpotensi menjadi penghasil sampah tertinggi.

Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
(ilustrasi) Tumpukan Sampah di TPS Kota Cimahi, Minggu (27/5/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Yongky Yulius

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Sebanyak 1200 petugas operasional PD Kebersihan Kota Bandung bertugas selama tiga shift dalam sehari selama H-5 sampai H+5 lebaran tahun ini.

Direktur Utama PD Kebersihan Kota Bandung, Deni Nurdyana Hadimin, mengatakan, hal itu dilakukan karena sampah yang dihasilkan selama libur lebaran di Kota Bandung meningkat.

"Kalau hari biasa rata-rata sampah yang dihasilkan di Kota Bandung ini 1500 ton per hari. Kemarin pada saat libur lebaran mencapai 1800 ton per hari," ujarnya saat ditemui Tribun Jabar di kantornya, Jalan Surapati, Kota Bandung, Jumat (22/6/2018).

"Kami mensiagakan 1200 petugas operasional, 105 truk, tiga sweeper, dan 50 mobil kecil. Tidak ada cuti untuk pegawai operasional. Dari H-5 sampai H+5 kami all out. Alhamdulillah tak ada ada komplen berarti dari masyarakat mengenai sampah."

Dikatakan Deni, petugas PD Kebersihan pada musim libur lebaran, bertugas di tujuh titik di Kota Bandung yang berpotensi menjadi penghasil sampah tertinggi.

Baca: Nahkoda KMP Sumut II Beri Penjelasan Mengapa Hanya Menolong 3 Korban KM Sinar Bangun

Tujuh titik itu adalah di Alun-alun Bandung, Ujungberung, Cihampelas, Dago, Jamika, Sudirman, dan Cibaduyut.

Pascalibur lebaran, ujar Deni, warga Bandung pun diimbau untuk tak membuang sampah secara sembarangan.

Pasalnya, tim patroli pengawas kebersihan (PPK) PD Kebersihan Kota Bandung yang saat ini sedang menggalakkan operasi tangkap tangan (OTT) akan bergerak lagi.

"OTT selama lebaran hanya sebagai edukasi saja. H+7 mulai diberlakukan normal lagi. Siap-siap saja, yang buang sampah sembarangan akan ditindak," ujar Deni.(*)


Penulis: Yongky Yulius
Editor: Ravianto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved