Pilwalkot Bandung

Survei Indodata: Yossi Irianto-Aries Supriatna Terus Menguat, 2 Paslon Lain Bertukar Posisi

Sebelumnya, Indodata juga telah melakukan tiga kali survei terkait Pilwalkot Bandung

Survei Indodata: Yossi Irianto-Aries Supriatna Terus Menguat, 2 Paslon Lain Bertukar Posisi
Tribun Jabar/Cipta Permana
Debat pertama pilwakot Bandung akan diikuti oleh tiga pasangan calon yang telah menjalani masa kampanye selama satu bulan lebih sepuluh hari. Pasangan tersebut terdiri Nurul Qomaril Arifin-Chairul Yaqin Hidayat, Yossi Irianto-Aries Supriatna dan Oded M Danial-Yana Mulyana. 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Ferry Fadhlurrahman

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Pasangan Calon wali kota dan wakil kali Kota Bandung nomor urut 2, Yossi Irianto-Aries Supriatna, kembali unggul atas dua paslon lain dalam survei yang dirilis Indodata.

Berdasarkan survei terakhir yang dilakukan pada Juni 2018, paslon yang memiliki jargon Hebring (Hebat dan Ringkas) meraih elektabilitas (tingkat keterpilihan) sebesar 38,2 persen.

Pasangan Nurul Arifin-Chairul Yaqin Hidayat akhirnya merebut posisi kedua setelah meraih elektabilitas sebesar 30,2 persen. Posisi kedua ini biasanya selalu diisi oleh pasangan Oded M Danial-Yana Mulyana.

Sebelumnya, Indodata juga telah melakukan tiga kali survei terkait Pilwalkot Bandung. Komposisi di tiga survei sebelumnya selalu Yossi-Aries diposisi pertama, Oded-Yana kedua dan Nurul-Rulli terakhir. 


Direktur Eksekutif Indodata, Danis T Saputra mengatakan, unggulnya Yossi Irianto-Aries pada survei terakhir Indodata dikarenakan perilaku pemilih menilai pasangan ini berpengalaman dan dianggap memiliki program yang riil untuk Kota Bandung 2018 - 2023.

Pasangan ini, kata Danis, mampu merangkul semua kalangan.

"Yossi-Aries bahkan berpeluang menguat menjadi 40-60 persen lantaran dipengaruhi dukungan Ridwan Kamil sebagai wali kota sebelumnya," kata Danis dalam rilis hasil survei di Jalan Citarum, Bandung, Rabu (20/6/2018).

Menguatnya elektabilitas Nurul-Chairul diprediksi bakal bertahan di posisi kedua menggantikan Oded - Yana. Penguatan itu karena penokohan Chairul sebagai cucu HOS Tjokroaminoto yang dianggap cukup berhasil.

Baca: Penjual Oleh-oleh di Cirebon Tersenyum Lebar Selama Arus Mudik dan Arus Balik

Halaman
12
Penulis: Ferry Fadhlurrahman
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved