Arus Balik Lebaran

Menteri Perhubungan Usul Contra Flow Permanen di Ruas Tol Cipali

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan hal tersebut dikarenakan Tol. . .

ahmad imam baehaqi/tribun jabar
Suasana arus kendaraan di GT Palimanan Tol Cipali, Minggu (17/6/2018). Foto ISTIMEWA 

TRIBUNJABAR.ID - Tol Cipali diprediksi akan menjadi titik kemacetan pada saat puncak arus balik.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan hal tersebut dikarenakan Tol Cipali menjadi titik temu para pemudik dari berbagai daerah yang akan memasuki Jakarta.

Untuk menangani hal tersebut, Budi mengusulkan pada Kapolri Jendral Pol. Tito Karnavian untuk membuat Contra Flow permanen di Tol Cipali.

"Saya mengusulkan agar Cipali ini ada Contra Flow permanen, dan sekali-sekali dilakukan satu arah. Dengan cara tersebut maka kepadatan itu dapat dikurangi," ujar Budi saat diwawancarai media di Pos Pantau Cikopo, Senin (18/6/2018).

Budi juga mengatakan hal tersebut sudah disampaikan kepada Kapolri, Kapolda Jawa Barat, dan Kapolda DKI agar skenario tersebut bisa dimatangkan.

"Skenario bila ada jumlah pemudik yang banyak, maka baik Cikampek juga bisa satu jalur (one way) dan di Jakarta juga dimungkinkan bila ada arus yang begitu besar di Jalan Tol Dalam Kota," ujarnya.

Dia juga mengatakan Kapolri akan melakukan diskresi tertentu jika terjadi lonjakan kendaraan yang tinggi kearah Jakarta dari Banten.

Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved