Sestama Lemhanas Resmi Jadi Penjabat Gubernur Jawa Barat

Selain itu, Mendagri berpesan supaya Pj Gubernur dapat mengawal netralitas ASN dan TNI/Polri dalam Pilkada Jawa Barat.

Sestama Lemhanas Resmi Jadi Penjabat Gubernur Jawa Barat
Istimewa
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mewakili Presiden Republik Indonesia melantik Sekretaris Utama (Sestama) Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) M Iriawan selaku Penjabat Gubernur Jawa Barat, pada Senin (18/06/2018), di Gedung Merdeka Bandung, Jawa Barat. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mewakili Presiden Republik Indonesia melantik Sekretaris Utama (Sestama) Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) M Iriawan selaku Penjabat Gubernur Jawa Barat, pada Senin (18/06/2018), di Gedung Merdeka Bandung, Jawa Barat.

Pelantikan Penjabat Gubernur Jawa Barat ini sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 106/P Tahun 2018 tentang Pengesahan Pemberhentian Dengan Hormat Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Masa Jabatan Tahun 2013-2018 dan Pengangkatan Penjabat Gubernur Jawa Barat yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal 8 Juni 2018.

Dasar penunjukan Penjabat Gubernur adalah pasal 201 ayat (10) Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah “untuk mengisi kekosongan jabatan Gubernur, diangkat penjabat gubernur yang berasal dari jabatan pimpinan tinggi madya sampai dengan pelantikan gubernur sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan".

Mendagri Tjahjo Kumolo dalam arahannya kepada pejabat yang dilantik menekankan agar membangun komunikasi yang intensif dengan DPRD, Pimpinan OPD, dan seluruh Forkompimda dalam rangka mengefektifkan pemerintahan daerah.

"Membangun koordinasi yang baik dalam melaksanakan bantuan dan fasilitasi Pelaksanaan dengan unsur Forkopimda, KPU dan Bawaslu dalam rangka menyukseskan Pilkada Jawa Barat," kata Tjahjo Kumolo.

Tjahjo Kumolo juga menekankan supaya Pj Gubernur Jabar selalu berpedoman pada Nawa Cita dalam tiap pelaksanaan tugas pemerintahan.

Selain itu, Mendagri berpesan supaya Pj Gubernur dapat mengawal netralitas ASN dan TNI/Polri dalam Pilkada Jawa Barat.

Sementara Gubernur Jawa Barat Periode 2013-2018 Ahmad Heryawan (Aher), mengucapkan selamat bekerja, dan bertugas kepada M Iriawan.

Baca: Parah! Diduga Gara-gara Pakai Jersey Persib, Pria yang Sedang Gendong Bayi Ini Diteriaki dan Dimaki

Menurut Aher, pengalaman M Iriawan yang juga pernah menjabat Kapolda Jawa Barat, dinamika provinsi ini tentu tak asing lagi baginya. Aher pun merasa sudah sangat akrab dengan Iriawan.

Halaman
123
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved