Ribuan Warga Binaan Lapas se-Jabar Dapat Remisi Idul Fitri 1439 H

"Saat ini jumlah narapidana dan narapidana anak di Jabar, totalnya berjumlah 23.353," katanya.

Ribuan Warga Binaan Lapas se-Jabar Dapat Remisi Idul Fitri 1439 H
TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY
Sejumlah penghuni Lapas Kelas II A Pekanbaru melakukan aksi teatrikal disela-sela acara upacara pemberian remisi di lapas Kelas II A Pekanbaru, Senin (17/8). Teatrikal tersebut menggambarkan tentang pemakai Narkoba yang ditangkap dan direhabilitasi hingga akhirnya kembali menjalani hidup dengan baik. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha Sukarna

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG - ‎Ribuan narapidana di Jawa Barat (Jabar) mendapat remisi pada Idul Fitri 1439 Hijriah. ‎

Remisi adalah hak setiap narapidana yang diatur di Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2012 tentang perubahan atas PP Nomor 32 Tahun 1999 Tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan.

"Untuk Remisi Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah di tahun 2018, jumlah napi dan napi anak yang mendapat remisi berjumlah 9476 narapidana. Terbagi pada remisi RK I sebanyak 9460 dan RK II sebanyak 16 orang," kata Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kemenkumham Jabar, Alfi Zahrin dalam pesan elektroniknya pada Tribun Jabar, Kamis (14/6/2018).

Baca: Michael Essien Berikan Contoh Penting Ini bagi Para Pemain Persib Bandung

Baca: Mau Buat Opor Ayam? Ini Ciri Ayam Tiren, Teliti Dulu Biar Tak Salah Beli!

Jumlah narapidana yang mendapat remisi Idul Fitri, berasal dari 33 Lapas dan Rutan yang ada di Jawa Barat. Lamanya remisi atau pengurangan masa tahanan bervariatif.

"Saat ini jumlah narapidana dan narapidana anak di Jabar, totalnya berjumlah 23.353," katanya.

Selain pemberian remisi lebaran, kunjungan lebaran juga dibuka di seluruh rutan dan lapas se Jabar. Setiap lapas dan Rutan di Jabar juga dijadikan tempat salat Ied.

"Kami juga membuka kunjungan keluarga napi, biasanya dua hari saat momen lebaran. Termasuk tahanan tipikor akan diberikan kesempatan dikunjungi keluarga saat lebaran," kata dia.‎ 

Penulis: Mega Nugraha
Editor: Yudha Maulana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved