Bosscha akan Melakukan Pengamatan Hilal di Lembang

Tim Observatorium Bosscha akan melaksanakan pengamatan hilal di Lembang, Kabupaten Bandung, hari ini, Kamis (14/6/2018).

Bosscha akan Melakukan Pengamatan Hilal di Lembang
tribunjabar/isep heri
Observatorium Bosscha 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Yongky Yulius

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Tim Observatorium Bosscha akan melaksanakan pengamatan hilal di Lembang, Kabupaten Bandung, hari ini, Kamis (14/6/2018).

Kepala Observatorium Bosscha ITB, Dr Premana W Premadi, mengatakan, pengamatan akan dilakukan menjelang sore hari hingga bulan terbenam guna memverifikasi interpretasi data astronomis posisi Bulan.

"Dari Observatorium Bosscha pada 14 Juni 2018, Bulan akan diamati terbenam 36 menit 43 detik setelah (menyusul) Matahari," ujarnya dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Tribun Jabar.


Berdasarkan kondisi tersebut, sambung Premana, dikombinasikan dengan posisi projektif Bulan yang dekat dengan Matahari (elongasi sekitar 9,24°), dan iluminasi rendah (0,66%), maka Bulan sulit diamati dengan mata telanjang.

"Observatorium Bosscha akan menggunakan bantuan teleskop optik dalam pengamatan ini," kata Premana.

Di Indonesia, pihak yang berwenang menentukan awal Ramadhan dan Syawal adalah pemerintah Republik Indonesia melalui proses sidang isbat.

Tugas Observatorium Bosscha, ujar Premana, adalah menyampaikan hasil perhitungan, pengamatan, dan penelitian tentang hilal kepada unit pemerintah yang berwenang jika diperlukan sebagai masukan untuk sidang itsbat.

"Masyarakat dapat mengakses data dan hasil pengamatan hilal di website Observatorium Bosscha di https://bosscha.itb.ac.id," katanya.

Baca: Jelang Lebaran, Jasa Penitipan Binatang Peliharaan Meningkat 100%

Baca: H-1 Lebaran, Begini Arus Lalu Lintas di Jalur Limbangan

Penulis: Yongky Yulius
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved