Salut! Tak Mudik, Pramuka Akan Bantu Polisi Selama Pengamanan Arus Mudik Lebaran 2018

mestinya mereka bisa mudik, tapi mulai besok, mereka mulai bertugas di lapangan, mungkin kira-kira sampai H+3 Lebaran

Salut! Tak Mudik, Pramuka Akan Bantu Polisi Selama Pengamanan Arus Mudik Lebaran 2018
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Anggota Kwarda Pramuka Jabar saat Apel Kesiapsiagaan Jelang Mudik Lebaran 2018 di halaman kantor DPRD Cimahi, Jumat (8/6/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI- Selama pengamanan mudik Lebaran 2018 aparat kepolisian di Jawa Barat akan mendapat bantuan dari anggota Pramuka.

Sebanyak 27 ribu anggota Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Barat akan dilibatkan untuk membantu kepolisian dalam menjaga kelancaran arus lalu lintas selama mudik Lebaran tahun 2018.

Mereka nantinya akan ditugaskan dan disebar di setiap titik kemacetan dan pusat keramaian seperti stasiun dan terminal di Jawa Barat.

Ketua Gerakan Pramuka Kwarda Jawa Barat, Dede Yusuf, mengatakan pelibatan anggota Pramuka dalam pengamanan arus mudik Lebaran rutin dilaksanakan setiap tahun.


"Jadi setiap tahun kita selalu melakukan yang namanya Karya Bakti Pramuka Lebaran atau kita sebut Pasukan Lebaran," ujar Dede Yusuf usai Apel Kesiapsiagaan Jelang Mudik Lebaran 2018 di halaman kantor DPRD Cimahi, Jumat (8/6/2018).

Dede Yusuf mengatakan setiap tahun, anggota pramuka yang terlibat terus meningkat dan saat ini setiap kabupaten/kota mengirimkan sebanyak 1.000 anggota Pramuka.

Pihaknya merasa bangga dengan antusias para anggota Pramuka yang terlibat untuk pengamanan arus mudik tersebut, pasalnya mereka bekerja sukarela dan tidak dibayar.

"Artinya perlu kita apresiasi karena mestinya mereka bisa mudik, tapi mulai besok, mereka mulai bertugas di lapangan, mungkin kira-kira sampai H+3 Lebaran," katanya.

Baca: Mayat Pria Ditemukan Mengambang di Waduk Jatiluhur, di Dompet Ada Uang tapi Tak Ada KTP

Menurutnya, mereka perlu mendapat apresiasi, lantaran Kwartir di setiap kabupaten/kota di Jawa Barat mampu menggerakan anak-anak sekolah dan mahasiswa demi membantu kelancaran lalu lintas saat mudik Lebaran.

Dede Yusuf mengatakan, mayoritas anggota Pramuka yang terlibat dalam pengamanan tersebut berasal dari Saka Bhayangkara atau satuan yang mendapat pembinaan dari pihak kepolisian.

"Apabila satuan Saka Bhayangkara kurang bisa menggandeng Saka-Saka yang lain seperti Saka Bakti Husada yang membantu pertolongan kesehatan di posko medis," katanya.

Selain itu, lanjutnya, ada Satuan Wira Kartika yang dididik TNI AU untuk menjaga keamanan di pusat-pusat keramaian atau daerah wisata seperti Pangandaran, Ciwidey, dan Lembang. (*)

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved