PT Pupuk Kujang Pastikan Distribusi Pupuk Jelang Lebaran Aman

Hal ini dilakukan karena adanya aturan pemerintah selama arus mudik, kendaraan berat. . .

PT Pupuk Kujang Pastikan Distribusi Pupuk Jelang Lebaran Aman
Tribun Jabar/Muhamad Nandri Prilatama
Manager Departemen Komunikasi Perusahaan PT Pupuk Kujang, Ade Cahya Kurniawan (kanan), saat menjelaskan terkait ketersediaan stok pupuk bersubsidi, di Lembang, Selasa (5/6/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, LEMBANG - PT Pupuk Kujang sebagai anggota holding BUMN PT Pupuk Indonesia menjelang lebaran terus mendistribusikan pupuk bersubsidi guna memenuhi kebutuhan petani.

Hal ini dilakukan karena adanya aturan pemerintah selama arus mudik, kendaraan berat dilarang melewati jalur yang digunakan para pemudik.

PT Pupuk Kujang menargetkan H-7 lebaran, pupuk bersubsidi sudah bisa memenuhi gudang lini III tingkat kabupaten.

Manager Departemen Komunikasi Perusahaan PT Pupuk Kujang, Ade Cahya Kurniawan menjelaskan bahwa pihaknya memastikan stok pupuk bersubsidi terutama dalam penyalurannya dari lini 2 dan 3 bahkan 4 (distributor) aman.

"Kami jamin pupuk sampai ke petani tepat waktu sebelum H-7," kata Ade saat ditemui di Lembang, Selasa (5/6/2018) seraya menyebut akan percepat proses kirim dari gudang ke distributor dan kios.

Adapun wilayah yang menjadi prioritas distribusi, ialah Jabar Selatan atau Priangan, karena akses menuju ke sana sulit. Sementara jalan di wilayah pantura, cenderung bagus, sehingga tidak ada kendala dari pola distribusi.

"Jalur distribusi pupuk untuk Bandung Barat Alhamdulillah dapat dikatakan sangat aman terutama stok pupuk subsidi," ucapnya.

Saat ini, kata Ade stok pupuk urea untuk Jawa Barat dan Banten mencapai 43.930 ton atau 174 persen dari ketentuan dua minggu
ke depan sebesar 22.536 ton. Sedangkan untuk NPK, lanjutnya stok mencapai 49.463 ton atau 562 persen dari ketentuan dua minggu ke depan sebesar 6.028 ton.

Kemudian, pupuk organik Ade menyebut stoknya mencapai 7.340 ton atau 347 persen dari ketentuan dua minggu ke depan sebesar 2.110 ton.

"Pencapaian realisasi penyaluran pupuk urea bersubsidi di Jabar-Banten itu sampai 3 Juni mencapai 262.254 ton. Dan jumlah itu setara dengan 80,57 persen dari ketentuan Dinas Pertanian sebanyak 325.482 ton. Jadi, bisa dikatakan stok sangat cukup, bahkan bisa memenuhi kebutuhan petani setelah lebaran," ujarnya.

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved