Permintaan Dodol Meningkat Jelang Lebaran, Produsen Buat Sampai Puluhan Ton Dodol

Peningkatan produksi dodol mencapai 50 persen karena meningkatnya permintaan masyarakat akan kudapan manis ini.

Tribun Jabar/ Hakim Baihaqi
produksi dodol Bestory milik Amal Rasyid di Jalan Garut-Bayongbong, Muara Sanding, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut. 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Menjelang lebaran 2018, pengrajin dodol mulai kebanjiran pesanan hingga naik 50 persen dibandingkan momen hari raya lainnya.

Di Kabupaten Garut, salah satu produsen dodol, yakni Bestory, mendapatkan pesanan dodol hingga 30 ton dari awal hingga akhir bulan puasa.

Pemilik Dodol Bestory, Amal Rasyid, mengatakan, peningkatan produksi dodol mencapai 50 persen karena meningkatnya permintaan masyarakat akan kudapan manis ini.

"Bulan biasa cuma 15 ton saja, agak repot. Tapi ini adalah momen penting yang terjadi setiap tahunnya," kata Amal di tempat produksi dodol Bestory, Jalan Garut-Bayongbong, Kabupaten Garut, Rabu (6/6/2018).

Amal mengatakan, selama bulan puasa ini, seluruh pekerja di tempatnya tersebut bekerja ekstra untuk memenuhi permintaan pasar.

"Setiap hari produksi, dalam satu Minggu hanya satu kali libur, kejar target," kata Amal.

Baca: Ini 3 Wanita yang Kisah Cintanya dengan Bung Karno Berakhir Perih, Digantikan Wanita Lain

Di luar bulan puasa, produksi dodol di tempat ini mencapai 600 hingga 750 kilogram setiap harinya. Sedangkan di bulan ramadan atau menjelang hari raya Idul Fitri, produksi dodol mengalami peningkatan hingga 1,2 ton.

Untuk harga satu bungkus dodol, Amal mengatakan, kalau dirinya menjual dengan harga standar, yakni Rp 21 ribu untuk satu bungkus yang berisi 10 buah dodol.

Amal menyebutkan, dodol tersebut sebagian besar dijual di sejumlah oleh-oleh yang di Kabupaten Garut dan beberapa kota lainnya, yakni Bandung dan Jakarta.

"Mau lebaran seperti saat ini, harga di toko bisa mencapai Rp 28 ribu," katanya.

Baca: Kenal di Medsos, Motor Berikut STNK dan BPKB Warga Bandung Ini Dibawa Kabur Pria yang Mengaku Polisi

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved