Breaking News:

Mudik Lebaran 2018

Takut Kena Macet saat Mudik ke Garut? Jalur Alternatif Bisa Dilintasi, Tapi Perhatikan Hal Ini, Ya!

Satlantas Polres Garut menyarankan para pemudik agar menggunakan jalur alternatif bila terjadi kemacetan di jalur Nagreg-Malangbong.

Penulis: Hakim Baihaqi | Editor: Seli Andina Miranti
Tribun Jabar/ Hakim Baihaqi
Jalur Kamojang, salah satu jalan alternatif menuju Garut 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Garut menyarankan para pemudik agar menggunakan jalur alternatif bila terjadi kemacetan di jalur Nagreg-Malangbong.

Beberapa jalur alternatif menuju Tasikmalaya hingga Jawa Tengah, pemudik bisa melintasi jalur alternatif Kadungora-Leles dan Leuwigoong-Cibiuk-Simpang Bandrek.

Sedangkan untuk ke arah Garut kota, pemudik bisa melintasi jalur alternatif Ibun-Kamojang dan Jalur Cijapati, kedua jalur ini menghubungkan Kabupaten Garut dan Bandung.


Kepala Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Garut, AKP Rd Erik Bangun Prakasa mengatakan, jalur-jalur alternatif tersebut, terutama Kamojang dan Cijapati, masih terbilang ekstrem karena curam dan memiliki kelokan tajam.

"Kendaraan dan fisik harus prima saat melintasi jalur tersebut. Karena memiliki karakteristik menanjak," kata Erik di Mapolres Garut, Jalan Jend Sudirman, Kabupaten Garut, Kamis (31/5/2018).

Selain itu, Erik mengatakan, jalur alternatif tersebut masih jarang dipasangi penerangan jalan umum (PJU), sehingga dikhawatirkan akan membahayakan pada malam hari.

Baca: TPA Gegesik Dijadikan Pengganti TPA Ciledug, Sanggupkan?

"Bila tidak ada hambatan, gunakan jalur yang sudah memadai," katanya.

Dalam rapat lintas sektoral beberapa waktu lalu, pihaknya meminta kepada pemerintah setempat agar segera memperbaiki atau fasilitas penunjang.

"Alasannya minim anggaran dan berada di wilayah provinsi atau nasional," katanya.

Erik berharap, permasalahan anggaran tersebut dapat segera diselesaikan agar tidak terjadi terus menerus setiap tahunnya.

"Supaya lebih matang," kata Erik.

Baca: Banyak KTP-el Invalid Munculkan kekhawatiran Adanya Kecurangan saat Pilkada, Ini Kata Pengamat

Baca: Jelang Arus Mudik, Begini Kondisi Keamanan Terminal Leuwipanjang

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved