Breaking News:

Kapolda Sebut Jalur Mudik Selatan Jabar Rumit, Ternyata Karena Ini

Jalur mudik selatan Jabar jadi kantung-kantung masalah yang akan ditemui para pemudik maupun sebaliknya pada momen Lebaran 2018.

Penulis: Mega Nugraha | Editor: Seli Andina Miranti
Tribun Jabar/ Ery Candra
Kapolda Jabar, Irjen Pol Agung Budi Maryoto di Pos Lalu Lintas Cileunyi, Jalan Cileunyi Wetan, Kabupaten Bandung, Senin (28/5/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha Sukarna

TRIBUNJABAR.ID,TASIKMALAYA - Jalur mudik selatan Jabar, tepatnya di Kabupaten Garut hingga Tasikmalaya, jadi kantung-kantung masalah yang akan ditemui para pemudik maupun sebaliknya pada momen Lebaran 2018.

Ekor kemacetan biasanya hingga mencapai Nagreg, Kabupaten Bandung.

Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto mengecek sejumlah pos pengamanan jalur mudik dari Cileunyi hingga Pos Polisi Gentong, Senin (28/5). Agung mengakui jalur selatan memiliki tingkat kerumitan yang khas.


"Karena belum ada pelebaran jalan. Karenanya cara bertindaknya status jalan bergantian, kadang diberlakukan satu arah dan dibuka kembali," ujar Agung di Pos Pol Gentong.

Pemberlakuan satu arah di sejumlah titik hingga pengalihan arus jadi solusi untuk mengatasi kepadatan di jalur tersebut.

Pengaturan lalu lintas akan diambil alih oleh Ditlantas Polda Jabar.

Baca: THR Bermasalah? Lapor Saja ke Sini, Yuk Catat Caranya!

"Jadi saya perintahan lalu lintas jangan ada yang terputus, jadi harus ada pengendali dri Polda Jabar supaya (polres) tidak ada lempar tugas. Misalnya dari Ciamis lancar tapi sampai Tasikmalaya dan seterusnya macet," kata Agung.

Adapun titik masalah di jalur selatan tepatnya di Tasikmalaya yakni di jalur Gentong.

Disamping lebar jalan yang sempit serta kontur jalan berupa turunan dan tanjakan, juga terdapat sejumlah pasar tumpah dimulai dari Limbangan, Bandrek, Lewo hingga Malangbong Kabupaten Garut hingga berujung di Gentong, Kabupaten Tasikmalaya.

Kemudian jalur keluar masuk mobil seperti di pertigaan ‎Suryalaya, Ciawi, hingga Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya‎. Pengalihan jalan diberlakukan jika ruas jalan tersebut dilanda kepadatan.

Baca: Dianggap Sebagai Biang Kemacetan, Delman Dilarang Beroperasi Selama Arus Mudik

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved