Hasil Survei dari Dua Lembaga Survei, Yossi-Aries Unggul atas Oded-Yana dan Nurul-Ruli

Peneliti Instrat, Sidratun Naim dalam rilis yang diterima Tribun menyebutkan, survei menggunakan teknik wawancara terstruktur

Hasil Survei dari Dua Lembaga Survei, Yossi-Aries Unggul atas Oded-Yana dan Nurul-Ruli
Tribun Jabar/ Gani Kurniawan
Tiga pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung, Nurul Arifin-Chairul Yaqin Hidayat (1), Yossi Irianto-Aries Supriatna (2), dan Oded M Danial-Yana Mulyana (3) tampil pada Debat Publik Pertama Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwalkot) Bandung 2018, di BnB Hotel, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Senin (25/3/2018) malam. Debat publik yang diselenggarakan KPU Kota Bandung itu mengusung tema "Lebih Dekat dan Lebih Akrab". 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Tiah SM

TRIBUN JABAR.ID , BANDUNG - Hasil survei terbaru yang digelar oleh dua lembaga survei berbeda, pasangan calon (paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung nomor urut 2, Yossi Irianto-Aries Supriatna berhasil mengungguli dua paslon lainnya yakni, Oded M Danial-Yana Mulyana dan Nurul Arifin-Ruli Hidayat.

Menurut survei Bandung Research and Consulting, pasangan Yossi-Aries berada di posisi teratas dengan tingkat elektabilitas 38,3 persen. Sedangkan Oded-Yana meraih 32,4 persen dan pasangan Nurul-Chaerul mencapai 18,2 persen. Sedangkan sebanyak 11,1 persen responden mengaku belum tahu atau merahasiakan pilihannya.

Baca: Umuh Muchtar: Tenang, Saya Sudah Ngobrol dengan Mario Gomez

Sementara survei yang digelar Indonesia Strategic Institute (Instrat), pasangan Yossi-Aries juga unggul dengan raihan  29,77 persen. Di posisi kedua ditempati Yana-Oded dengan 29,09 persen dan Nurul-Ruli di posisi ketiga dengan 27,27 persen. Adapun yang tidak menjawab atau belum menentukan pilihan 12,73 persen.


Peneliti Instrat, Sidratun Naim dalam rilis yang diterima Tribun menyebutkan, survei menggunakan teknik wawancara terstruktur secara face to face langsung dengan responden di 30 kecamatan di Kota Bandung. Survei dilaksanakan pada 12-15 Mei 2018 dengan margin of error 4,6%. Jumlah responden sebanyak 440 orang.

"Tipisnya perbedaan potensi elektabilitas ketiga paslon akan membuat Pilkada Kota Bandung akan sangat kompetitif hingga menjelang pencoblosan," kata Sidratun, Senin (28/5/2018).

Director of Public Communication Bandung Research and Consulting, Soleh Hadisutisna mengatakan pada survei tersebut pihaknya menyampaikan pertanyaan sederhana yaitu "Jika Pilwalkot Bandung dilaksanakan hari ini dari tiga pasangan, siapa yang akan dipilih?"


"Hasilnya ternyata pasangan Yossi-Aries berhasil meraih suara paling banyak dengan 38,3 persen," kata Soleh.

Hasil itu diakuinya diluar prediksi. Sebab, pada survei pertama yang digelar sebuah lembaga survei, pasangan Oded-Yana berada di posisi teratas dengan elektabilitas sebesar 45 persen. Sementara, pasangan Yossi Irianto-Aries Supriatna di posisi kedua dengan tingkat elektabilitas 31,5 persen, disusul pasangan Nurul-Ruli dengan tingkat elektabilitas sebesar 19 persen.

"Dari ketiga calon Wali Kota, Yossi Irianto juga memiliki elektabilitas paling tinggi dengan 35,7 persen, Oded M Danial sebesar 31,2 persen dan Nurul Qomaril Arifin dengan 17,6 persen. Dan tidak menjawab/rahasia 15,5 persen," kata Soleh.

Penulis: Tiah SM
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved