Breaking News:

Gubernur Jabar Sumbangkan Darah untuk Bocah yang Mengidap Anemia Aplastik

"Kami dapat kabar, bahwa di Rumah Sakit Hasan Sadikin ada seorang anak memerlukan golongan darah O+. Kebetulan saya O+, sesuai.

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam | Editor: Tarsisius Sutomonaio
Istimewa
Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, mendonorkan darah di Kantor Palang Merah Indoneia (PMI) di Jalan Aceh, Kota Bandung, Rabu (24/5/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Di sela kesibukannya, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, menyempatkan mampir ke Kantor Palang Merah Indoneia (PMI) di Jalan Aceh, Kota Bandung, Rabu (24/5/2018) malam.

Gubernur yang akrab disapa Aher ini menyumbangkan darahnya untuk Ghairan, anak laki-laki berusia 12 tahun yang divonis dokter mengidap penyakit anemia aplastik.

"Kami dapat kabar, bahwa di Rumah Sakit Hasan Sadikin ada seorang anak memerlukan golongan darah O+. Kebetulan saya O+, sesuai. Mudah-mudahan bisa membantu pasien itu," kata Aher setelah mendonorkan darahnya melalui siaran pers.

Sebanyak 450 ml darah disumbangkan Aher kala itu. Tak hanya Aher, beberapa staf gubernur pun ikut menyumbangkan darahnya.


Sayangnya, sang istri, Netty Heryawan, gagal menyumbangkan darahnya karena kekurangan kadar hemoglobin saat itu.

Di samping itu, Aher menuturkan stok darah di PMI Kota Bandung, saat bulan Ramadan memang terjadi pengurangan. Hal ini disebabkan jumlah pendonor darah berkurang sebanyak 60 persen.

Dengan berkurangnya pendonor darah, tentu akan memengaruhi persediaan darah. Sementara itu, para pendonor yang masih aktif menyumbangkan darahnya setelah waktu berbuka puasa, hanya sekitar 40 persen atau 50-60 pendonor.

Aher mengajak seluruh masyarakat untuk tak sungkan mendonorkan darahnya. Donor darah itu keren, kata Aher, gaya hidup sehat yang bermanfaat bagi sesama juga bagi kesehatan diri.

Baca: Berkas dan Tersangka Penipuan Jemaah Umrah PT SBL Dilimpahkan Ke Kejati Jabar, Dijerat Pasal TPPU

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved