5 Hari Lagi TPA Ciledug Ditutup, Penggantinya Belum Ada Tapi Pemkab Cirebon Punya 3 Langkah Ini

Lima hari jelang ditutupnya TPA Ciledug pada 31 Mei 2018, Pemerintah Kabupaten Cirebon belum menemukan TPA penggantinya.

5 Hari Lagi TPA Ciledug Ditutup, Penggantinya Belum Ada Tapi Pemkab Cirebon Punya 3 Langkah Ini
tribunjabar/siti masithoh
Kondisi TPA Ciledug, Sabtu (5/5/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Masithoh

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Lima hari jelang ditutupnya TPA Ciledug pada 31 Mei 2018, Pemerintah Kabupaten Cirebon belum menemukan TPA penggantinya.

Sementara itu, TPA Ciledug sudah dipastikan ditutup karena kondisinya berada di sempadan sungai dan sudah tidak memungkinkan.

Sampah yang ada di TPA Ciledug juga sudah melebihi daya tampung dan ketinggian dari tumpukan sampahnya sudah mencapai delapan meter.

Baca: Mengintip Kondisi JPO di Dago, Tangganya Bikin . . .

Baca: Ternyata Begini Cara Pelaku Menghabisi Bocah Dalam Karung

Oleh karena itu, Pemkab Cirebon sudah mencoba memikirkan semua startegi preventif, baik jangka pendek maupun jangka menengah.

"Mengenai langkah preventif, Pemkab Cirebon sudah mensosialisasikan dan mengajak semua perangkat masyarakat untuk mengurangi volume sampah dari tingkat sampah rumah tangga," ujar Penjabat Bupati Cirebon Selly Andriany Gantina saat ditemui di Masjid Agung Sumber, Cirebon, Kamis (24/5/2018) malam.


Untuk jangka pendek, Pemkab Cirebon melakukan koordinasi dengan beberapa instansi dan perangkat kecamatan hingga desa yang mempunyai anggaran desa untuk menganggarkan mesin pengolahan sampah .

Jangka menengahnya sejalan dengan dikeluarkannya RTRW, pemerintah sudah berupaya untuk sesegera mungkin mencari calon lokasi penerima Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) yang akan menjadi milik Pemkab Cirebon. (*)

Penulis: Siti Masithoh
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved