Gaya Hidup Mewah Istri Mantan PM Malaysia Jadi Sorotan, Sekali Cat Rambut Rp 4,2 Juta

Dengan ringan Rosmah mengeluhkan ongkosnya mengecat rambut di saat penghasilan rata-rata warga Malaysia adalah sekitar Rp 3,2 juta.

Gaya Hidup Mewah Istri Mantan PM Malaysia Jadi Sorotan, Sekali Cat Rambut Rp 4,2 Juta
Dr Siew Tuck Wah
Datin Seri Rosmah Mansor 

TRIBUNJABAR.ID, KUALA LUMPUR - Gaya hidup mewah istri mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak, Rosmah Mansor, menjadi sorotan.

Bukan saja setelah Najib lengser dari pemerintahan dan kini dalam pantauan pemerintah karena tersangkut kasus korupsi. Jauh sebelum itu, Rosmah kerap menjadi perhatian warga Malaysia.

Pada awal 2015, saat warga Malaysia mengeluhkan rencana pemerintah membebankan pajak konsumsi, namun istri PM Najib Razak, Rosmah Mansor malah mengeluhkan naiknya tarif salon langganannya.

Keluhan itu disampaikan Rosmah secara publik. Dia mengatakan, akibat pajak itu dia harus membayar 1.200 ringgit atau sekitar Rp 4,2 juta untuk sekali mengecat rambut.


Dengan ringan Rosmah mengeluhkan ongkosnya mengecat rambut di saat penghasilan rata-rata warga Malaysia adalah 900 ringgit atau sekitar Rp 3,2 juta.

Komentar Rosmah itu tentu saja memicu amarah warga Malaysia, yang sudah kerap melihat perempuan itu mengenakan jam tangan atau membawa tas-tas mewah dalam acara-acara kenegaraan bersama suaminya.

Namun, dengan ketatnya kontrol pemerintah terhadap media maka kritik terbuka atas gaya hidup mewah Rosmah tidak bisa dilakukan.

Kini setelah penggeledahan kepolisian akhir pekan lalu yang menyita banyak tas mewas antara lain dengan merek Hermes, perhatian publik Malaysia kembali tertuju kepada Rosmah.

Baca: Gagal ke Liga Champions, Suporter Lazio Tunjukkan Sikap Terpuji

Media independen dan sebagian warga Malaysia kembali mempertanyakan bagaimana Rosmah bisa mengongkosi gaya hidup mewahnya itu.

Banyak warga Malaysia yang membandingkangaya hidup Rosmah dengan Imelda Marcos, yang meninggalkan 1.200 pasang sepatu saat suaminya, Ferdinand Marcos dilengserkan dari jabatannya sebagai presiden Filipina pada 1986.

Baca: Ini Alasan Bandung Zoo Maafkan Pelaku Pelempar Rokok Kepada Orangutan Ozon

Namun, Rosmah berusaha membela gaya hidupnya itu. "Sebagian perhiasan dan pakaian saya beli dengan uang saya sendiri. Di mana salahnya?" kata perempuan berusia 66 tahun itu dalam biografi yang diterbitkan 2013.

"Sebagai perempuan dan istri seorang pemimpin negara, saya harus menjaga penampilan. Jika saya berpenampilan buruk maka akan memalukan Malaysia juga," tambah dia.

Lewat firma hukumnya, pada Sabtu (19/5/2018), Rosmah merilis pernyataan untuk menanggapi berbagai pertanyaan media dan meminta pemerintah mengikuti koridor hukum untuk menghindari pengadilan publik.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gaya Hidup Mewah Istri Najib Razak Jadi Sorotan Warga Malaysia", https://internasional.kompas.com/read/2018/05/21/12504391/gaya-hidup-mewah-istri-najib-razak-jadi-sorotan-warga-malaysia.

Editor: Kisdiantoro
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved