TPA Ciledug Segera Ditutup, Pemkab Cirebon Belum Siapkan Penggantinya

TPA Ciledug yang berada di Desa Ciledug Wetan dan Desa Ciledug Lor, Kecamatan Ciledug, Kabupaten Cirebon akan ditutup pada 31 Mei 2018

TPA Ciledug Segera Ditutup, Pemkab Cirebon Belum Siapkan Penggantinya
TRIBUN JABAR/SITI MASITHOH
Kondisi TPA Ciledug, di Desa Ciledug Wetan dan Desa Ciledug Lor, Kecamatan Ciledug, Kabupaten Cirebon, Sabtu (5/5/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Masithoh

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Tempat Pembaungan Akhir (TPA) Ciledug yang berada di Desa Ciledug Wetan dan Desa Ciledug Lor, Kecamatan Ciledug, Kabupaten Cirebon akan ditutup pada 31 Mei 2018.

TPA tersebut ada di sempadan Sungai Cisanggarung. Luasnya yaitu 11 hektare. Empat hektare ada di Desa Ciledug Wetan dan tujuh hektare ada di Desa Ciledug Lor.

Kabupaten Cirebon dinyatakan darurat sampah. Namun, pernyataan resminya belum ditanda tangani oleh Penjabat Bupati Cirebon Selly Andriany Gantina.

Baca: Heboh, Ada 2019GantiPresiden di Struk ATM Bank BCA, Begini Penjelasan Halo BCA

Baca: Link Live Streaming Race MotoGP Spanyol di Trans7 Sore Ini - Rossi dari Posisi 10 dan Marquez 5

"Kita sepakati bersama yaitu Kabupaten Cirebon sarurat sampah. Surat pernyataan dari Kabupaten Cirebon notanya sudah dibuat tinggal tanda tangannya saja," kata Selly saat ditemui di kantor Bappelitbangda Kabupaten Cirebon, Jumat (4/5/2018).

Dengan ditetapkannya darurat sampah, Ia mengharapkan harus ada progress bagaimana pemerintah kabupaten cirebon dapat berkoordinasi dengan pemerintah pusat maupun pemprov Jabar.


Pasalnya, sesuai janji pemerintah pusat, jika Pemkab Cirebon menyatakan darurat sampah maka pemerintah pusat akan membantunya.

Sementara itu, TPA pengganti tersebut yang direncanakan di TPA Palimanan Barat Kecamatan Gempol belum pasti.

"Warga di sana masih menolak. Tugas pemerintah tentu harus mengubah pikiran warga di sana kalau TPA itu bukan hanya tempat pembuangan, tetapi akan ada pengolahannya," ujar Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cirebon Yuningsih saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (3/5/2018).

Jika TPA Ciledug ditutup, sampah yang sudah overlap tersebut akan direklamasi.

"Untuk waktunya belum tahu butuh berapa lama yang pasti akan direklamasi," kata Kepala Bappelitbangda Kabupaten Cirebon Denny Supdiana, Jumat (4/5/2018). (*)

Penulis: Siti Masithoh
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved