Breaking News:

Disdik Jabar Lakukan Link and Match Sejumlah SMK dengan Perusahaan TI dan Multimedia Fujitsu

Disdik Jabar melakukan link and match antara sejumlah SMK di Jawa Barat dengan perusahaan teknologi informasi dan multimedia asal Jepang, Fujitsu.

TRIBUN JABAR/M SYARIF ABDUSSALAM
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Ahmad Hadadi menerima berkas rencana kerja sama dengan Fujitsu dari CEO Sentra Global Edukasi Rudi Subiyanto, di Kantor Dinas Pendidikan Jabar, Jumat (4/5/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat melakukan link and match antara sejumlah SMK di Jawa Barat dengan perusahaan teknologi informasi dan multimedia asal Jepang, Fujitsu. Dengan demikian, para lulusan SMK yang telah menjalani pelatihan dan memenuhi syarat, dapat bekerja di perusahaan tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Ahmad Hadadi, mengatakan program link and match ini merupakan pengembangan dari program magang yang selama ini telah dijalin dengan sejumlah perusahaan di Jepang.

Dengan program ini, katanya, tidak hanya memberangkatkan lulusan SMK untuk magang di Jepang selama dua tahun, para pelajar akan mendapat transfer of knowledge dari perusahaan melalui sejumlah pelatihan bahkan pelajaran praktek baru di sekolah.

Baca: Cak Imin Ingatkan Jokowi Bisa Kalah Jika Pilih Cawapres yang Lain, Ini Alasannya Semakin Optimistis

Baca: Timnas Indonesia Dianggap Bukan Tim yang Harus Ditakuti pada Piala AFF 2018, Ini 3 Faktanya

Fujitsu yang bergerak di bidang teknologi informasi dan multimedia, katanya, dapat melakukan pelatihan atau pengajaran langsung kepada para pelajar SMK. Sehingga setelah lulus, para lulusannya bisa langsung bekerja di perusahaan yang ada di Jepang, atau yang didirikan di Indonesia.

"Program ini bukan magang selama beberapa tahun, kemudian tidak ada keberlanjutan. Yang kita inginkan perusahaan-perusahaan mendidik anak-anak SMK dan merekrut mereka jadi tenaga yang punya kapasitas dan dihargai," kata Ahmad Hadadi di Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Jumat (4/5).

Di Jawa Barat, katanya, terdapat sejumlah SMK dengan jurusan teknologi informatika dan multimedia, di antaranya SMKN 1 Cimahi dan SMKN 4 Bandung. Targetnya pada 2019 program kerja sama dengan Fujitsu ini bisa mulai berjalan di SMK di Jawa Barat.


Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved