Headline Koran Tribun Jabar

VIDEO HEADLINE: Edisi Selasa 1 Mei 2018, Polisi Razia Semua Apotek

HEADLINE koran TRIBUN JABAR edisi Selasa 1 Mei 2018 menyajikan laporan utama tentang tewasnya 4 warga Kecamatan Pangalengan,...

Laporan Tim Liputan Tribun Jabar

HEADLINE koran TRIBUN JABAR edisi Selasa 1 Mei 2018 menyajikan laporan utama tentang tewasnya 4 warga Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung usai pesta minuman keras oplosan.

Delapan warga Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, beberapa di antaranya masih kanak-kanak, meregang nyawa setelah meminum minuman keras yang mereka racik sendiri cairan alkohol berkadar 70 persen, yang mereka beli dari apotek.

Empat di antaranya berhasil diselamatkan, namun sisanya meninggal.

Kematian empat warga Pangalengan ini terasa menyentak di tengah duka yang masih terasa menyusul kematian puluhan warga di Kabupaten Bandung akibat mengonsumsi minuman keras oplosan, beberapa waktu lalu.

Kematian puluhan orang itu rupanya sama sekali tak membuat mereka jera.

Alih-alih takut mengonsumsi minuman keras oplosan, mereka malah meracik sendiri minuman kerasnya dari bahan-bahan yang seadanya.

AG (18), salah seorang pelaku yang selamat mengaku menyesal dan tak akan mengulangi kembali perbuatan bodohnya menenggak minuman keras racikan.
"Saya kapok, ini perdana saya mendaki, perdana minum miras, akibatnya kami menderita. Teman kami satu orang meninggal," kata AG saat ditemui di rumah orang tuanya di Pangalengan, Senin (30/4/2018).

Kriminolog Universitas Padjajaran (UNPAD), Yesmil Anwar, mengatakan kembali terjadinya kematian remaja akibat menenggak minuman keras oplosan adalah dampak dari adanya patologi sosial (penyakit masyarakat). Patologi sosial ini, menurut Yesmil, muncul akibat dari lemahnya kontrol sosial dari pemerintah daerah.

"Kalau kasus seperti ini lebih ke aspek sosial dan aspek kesehatan ketimbang masalah hukum. Konsentrasinya sebagai penyakit masyarakat," kata Yesmil kepada Tribun melalui pesawat telepon, Senin (30/4/2018). (*)

Selengkapnya, baca koran TRIBUN JABAR edisi Selasa 1 Mei 2018.

Perbaharui informasi di www.tribunjabar.id.

Penulis: Daniel Andreand Damanik
Editor: Dicky Fadiar Djuhud
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved