May Day

Pimpinan Aliansi Buruh Cimahi dan KBB Mancing Bersama pada Peringatan May Day

Pemandangan berbeda terlihat pada peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day tahun 2018 di Ciuyah, Kota Cimahi, Selasa (1/5/2018).

Pimpinan Aliansi Buruh Cimahi dan KBB Mancing Bersama pada Peringatan May Day
TRIBUN JABAR/HILMAN KAMALUDIN
Sejumlah Pimpinan Aliansi Buruh Kota Cimahi dan Bandung Barat saat mengkuti Mancing Bersama Jajaran Polres Cimahi di Ciuyah, Kelurahan Citeureup, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Selasa (1/5/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Pemandangan berbeda terlihat pada peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day tahun 2018 di Ciuyah, Kelurahan Citeureup, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Selasa (1/5/2018).

Sejumlah pimpinan aliansi buruh Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat (KBB), terlihat menghadiri kegiatan mancing bersama yang digelar jajaran Polres Cimahi di kolam pemancingan di kawasan Ciuyah.

Mereka tampak antusias memancing ikan bersama jajaran Polres Cimahi, suasana bahagia pun banyak ditunjukkan para pimpinan aliansi buruh tersebut.

Sementara ratusan buruh yang tergabung dalam aliansi buruh, seperti Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) dan Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) Kota Cimahi, sejak pagi antusias menuju ke Gedung Sate, Kota Bandung untuk melakukan unjuk rasa.

Baca: Persib Bandung Siap Runtuhkan Keangkeran Kandang Madura United

Baca: Bandingkan Potret Annisa Pohan Sebelum dan Setelah Jadi Mantu SBY, Perbedaannya Bikin Pangling

Menurut Ketua KSPSI Kota Cimahi, Pepet Saefulkarim, untuk menyikapi peringatan May Day selain melakukan unjuk rasa, bisa dengan mengikuti acara lain yang bisa ditempuh untuk menunjukkan perjuangan buruh.

"Kegiatan bakti sosial dan memancing bersama aliansi buruh dan aparat keamanan, bisa dibilang sebagai bentuk karya dan manfaat bagi masyarakat," ujarnya saat ditemui di sela acara, Selasa (1/5/2018).

Ia mengatakan, biasanya para buruh turun ke jalan untuk mengikuti unjuk rasa saat peringatan May Day.


Tetapi, kata Pepet, tentu ada cara lain yang bisa ditempuh dan pihaknya sempat melakukan mediasi dan komunikasi dengan pihak terkait untuk menyampaikan keluhan para buruh.

"Itu juga salah satu bentuk perjuangan, tak harus turun ke jalan," katanya.

Menurutnya, kegiatan yang digagas Polres Cimahi tersebut bukan bentuk intervensi yang dilakukan pihak kepolisian agar mereka tak turun ke jalan melakukan unjuk rasa.

"Karena Pak Kapolda Jawa Barat sendiri sudah menyarankan agar mencari alternatif lain untuk menyuarakan perjuangan dan tuntutan buruh," katanya. (*)

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved