Simulasi Bencana

VIDEO: BPBD Gelar Simulasi Bencana di Desa Ciburial Kabupaten Bandung

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat, bersama dengan 22 unsur lain seperti Dinas...

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Yongky Yulius

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat, bersama dengan 22 unsur lain seperti Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DKPB) Kota Bandung, kepolisian, PMI, TNI, Basarnas, mengadakan simulasi bencana di Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, dekat kawasan wisata alam Tebing Keraton, Kamis (26/4/2018).

Simulasi bencana yang diklaim oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat, Dicky Saromi, melibatkan kurang lebih 1000 orang itu dilaksanakan untuk memperingati hari kesiapsiagaan bencana pada 26 April.

Skenario simulasi yang berlangsung selama kurang lebih satu setengah jam mulai pukul 13.30-15.00 WIB ini pun, ujarnya, cukup kompleks.

"Skenarionya ada hujan, ada gempa. Yang menyebabkan goyangan kuat. Ada rumah rusak. Tetapi juga ada instalasi listrik rusak dan menyebabkan kebakaran. Lalu, ada longsor, ada wisatawan yang terjebak di daerah tertentu. Ini cukup kompleks," kata Dicky kepada wartawan di lokasi pelaksanaan simulasi bencana.

Dia berharap agar simulasi kali ini bisa memberikan dampak yang luas dan menjalin sinergi antar berbagai unsur yang terlibat dalam kesiapsiagaan bencana.

Di lokasi yang sama, Kepala DKPB Kota Bandung, Ferdy Ligaswara, mengatakan, simulasi bencana ini merupakan momentum sebuah aksi.

"Momentum ini adalah lebih kepada aksi tidak hanya seremoni. Ada sinergi dan kolaborasi. Bencana siapapun tidak bisa menduga. Penekanan tidak bisa sektoral tapi partisipasi," katanya. (*)

Penulis: Yongky Yulius
Editor: Dicky Fadiar Djuhud
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved