KPU Apresiasi Penemuan Aplikasi ''Suara Kami'', Ubah Tulisan dan Suara Jadi Bahasa Isyarat

karya tiga mahasiswa IPB dalam menciptakan aplikasi untuk membantu kaum tunarungu patut diacungi jempol.

KPU Apresiasi Penemuan Aplikasi ''Suara Kami'', Ubah Tulisan dan Suara Jadi Bahasa Isyarat
Tribun Jabar/Ferry Fadhlurrahman
Yasmin Salamah, salah satu pencipta aplikasi Suara Kami menunjukan aplikasi yang dapat bantu pemilih penyandang tunarungu dalam melakukan pemilihan 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ferry Fadhlurrahman

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Aplikasi 'Suara Kami' untuk membantu penyandang tunarungu dalam menggunakan hak pilihnya tidak luput dari pujian KPU Jabar.

Komisioner Divisi Pemuktahiran Data KPU Jabar, Ferdiman Bariguna, mengatakan karya tiga mahasiswa IPB dalam menciptakan aplikasi untuk membantu kaum tunarungu patut diacungi jempol.

"Saya kira ini menarik karena ada salah satu peserta itu mengkonversi menggunakan android bahasa lisan menjadi bahasa tulisan. Pemilih tunarungu bisa melihat dari konversi," ujar Ferdiman di Hotel Ibis Budget, Selasa (24/4/2018).

Ia mengatakan keterbatasan para penyandang tunarungu untuk mendengar berhasil diatasi oleh tim dari IPB yang berisikan tiga mahasiswa dari jurusan Ilmu Komputer.


Ia menilai keberhasilan dari Yasmin Salamah, Fajar Maulana, dan Wardiman Perdian dalam mengkonversi bahasa tulisan dan suara menjadi bahasa isyarat layak diapresiasi.

Aplikasi ini, ucapnya, dapat membantu banyak tunarungu.

Hal ini memotivasi KPU Jabar untuk lebih giat meningkatkan fasilitas untuk pemilih berkebutuhan khusus. 

"Ke depan harus kami tingkatkan lagi sehingga ini bisa lebih diteliti dan dikembangkan menjadi sesuatu yang menjadi standar karena selama ini belum ada standarnya," ujar Ferdiman. (*)

Penulis: Ferry Fadhlurrahman
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved