Pilkada Serentak

Terdaftar di DPT Tapi Tak Punya e-KTP, Jangan Khawatir! Disdukcapil Purwakarta Terbitkan Suket

Kepala Disdukcapil Kabupaten Purwakarta, Sulaeman Wilman mengatakan pihaknya telah siap mengeluarkan suket khusus tersebut.

Terdaftar di DPT Tapi Tak Punya e-KTP, Jangan Khawatir! Disdukcapil Purwakarta Terbitkan Suket
KPU
Pilkada serentak akan digelar 27 Juni 2018. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Haryanto

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Bagi warga Purwakarta yang telah masuk kedalam daftar pemilih tetap (DPT) namun belum memiliki KTP elektronik, maka akan dibuatkan surat keterangan (suket) khusus.

Suket tersebut diterbitkan oleh Disdukcapil Kabupaten Purwakarta, khusus bagi warga yang telah memenuhi syarat untuk ikut Pilkada 2018.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Purwakarta, Sulaeman Wilman mengatakan pihaknya telah siap mengeluarkan suket khusus tersebut.

"Sesuai regulasi yang dikeluarkan oleh Kemendagri, maka ada dua format untuk mengeluarkan suket itu," katanya saat ditemui usai rapat pleno penetapan DPT, di Kawasan Grama Tirta Jatiluhur, Jatiluhur, Purwakarta, Kamis (19/4/2018).


Sulaeman menjelaskan, suket pada format pertama diberikan bagi warga Purwakarta yang sudah terekam datanya di Disdukcapil Purwakarta.

Termasuk bagi warga yang pernah memiliki KTP-el namun sempat mengalami kerusakan, perubahan data ataupun hilang.

Namun, bagi suket kedua. Dirinya menyebutkan untuk para pemilih pemula atau yang belum pernah melakukan perekaman bagi KTP-el.

Suket itu pun, dapat digunakan bagi warga yang sekitar atau tepat pada tanggal pencoblosan, 27 Juni menginjak 17 tahun.

"Sesuai surat edaran Kemendagri, mereka (belum memiliki KTP-el) pun memiliki hak pilih yang sama, maka kita keluarkan surat keterangan untuk memilih," ucapnya.

Baca: Berikut 6 Fakta tentang Anak Tukang Gali Kubur yang Lolos SNMPTN dan Masuk Kedokteran Unpad

Sementara itu, Ketua KPU Purwakarta, Ramlan Maulana pun mengatakan tidak ada permasalahan yang berarti mengenai penggunaan suket tersebut.

Dirinya menyebut telah berkoordinasi antara KPU Purwakarta dengan Disdukcapil Purwakarta mengenai hal suket.

"Tidak masalah, itu, kan, sesuai dan ada surat edarannya dari Kemendagri. Kami akan terus berkoordinasi," katanya menambahkan.

Penulis: Haryanto
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved