Persija Jakarta Vs Persib Bandung, Menpora: Semua Harus Damai, Kita Saudara

sebelum liga bergulir, kampanye perdamain antarsuporter dan membuat sepakbola Indonesia menjadi lebih baik terus digelorakan

Persija Jakarta Vs Persib Bandung, Menpora: Semua Harus Damai, Kita Saudara
Tribunnews.com/Abdul Majid
Menpora Imam Nahrawi 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA– Kericuhan yang terjadi dalam laga Arema FC kontra Persib Bandung kembali mencerminkan budaya suporter sepakbola Indonesia yang masih kental dengan aroma kekerasan.

Kejadian itu terjadi di pekan keempat Liga 1 2018. Padahal, sebelum liga bergulir, kampanye perdamain antarsuporter dan membuat sepakbola Indonesia menjadi lebih baik terus digelorakan.

Pertandingan Persija Jakarta vs Persib Bandung yang rencananya akan dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Sabtu (28/4/2018) pun harus diantisipasi.

Tujuannya agar tak meniru hal serupa di Stadion Kanjuruhan, terlebih kedua tim memang mempunyai sejarah rivalitas yang cukup panjang.


Bahkan, menjelang pertandingan akbar itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi pun turut berpesan dan mengingatkan untuk lebih mengutamakan kerukunan karena kita Indonesia.

”Ya semua harus damai, kita saudara, kita sebangsa dan setanah air, kita harus rukun. Pokoknya harus rukun,” kata Menpora setelah membuka perlombaan Senam Kreasi Daerah di Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta, Selasa (17/4/2018) pagi.

Tak hanya itu, Menpora juga menegaskan kepada PSSI bilamana terjadi kericuhan kembali maka harus ditindak secara tegas.

Baca: 5 Penyakit Ini Bisa Dideteksi dari Gigi dan Mulut Anda

Baca: Kemendikbud Buka Suara soal Ujian Matematika yang Dianggap Sulit

“Kalau ada apa-apa tindak tegas, gitu saja,” ujarnya.

Untuk diketahui kompetisi sepakbola Indonesia 2018, di tingkat Asia (versi Asian Football Confederation) mengalami penurunan.

Kini Indonesia berada di peringkat ke-28, merosot empat tingkat dari tahun sebelumnya, ranking 24.

Ranking sepakbola Indonesia kalah dari Myanmar yang berada di urutan ke-25, dan Singapura 24.

Terlebih jika dibandingkan dengan Malaysia yang berada di peringkat ke-13 dan Thailand ke-9, Indonesia jauh tertinggal. (*)

Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved