Awas Modus Penipuan! Jika Anda Terima Panggilan dari Nomor Luar Negeri, Lebih Baik Abaikan

Pengguna telepon seluler di Indonesia sedang dihebohkan dengan adanya panggilan dari nomor luar negeri yang tak dikenal

Awas Modus Penipuan! Jika Anda Terima Panggilan dari Nomor Luar Negeri, Lebih Baik Abaikan
TRIBUNNEWS / HERUDIN
Ilustrasi - Model menunjukkan smartphone Acer Liquid E2, saat peluncuran di Jakarta Selatan, Rabu (5/6/2013). Acer bekerjasama dengan MediaTek meluncurkan smartphone terbaru yang dilengkapi dengan prosesor quadcore 1,2 GHz, RAM 1 GB, penyimpanan internal 4 GB yang bisa ditambah hingga 32 GB, resolusi layar qHD 4,5 inc, kamera 8 MP auto fokus. Smartphone ini dapat menjalankan aplikasi game dengan grafis yang tinggi serta mengabadikan momen lebih cepat dan lancar, dibandrol dengan harga Rp 2,499 juta. 

TRIBUNJABAR.ID - Pengguna telepon seluler di Indonesia sedang dihebohkan dengan adanya panggilan dari nomor luar negeri yang tak dikenal. Tidak hanya sekali, namun beberapa warga melaporkan menerima panggilan misterius itu sebanyak dua hingga tiga kali.

Melalui Twitter, mereka ramai-ramai mengeluhkan hal ini. Salah satunya adalah akun @ashfinzul yang melaporkan telah mendapat panggilan misterius dari nomor +242 801130490 sebanyak dua kali pada pukul 09.15 dan 12.05, Sabtu (31/3/2018) kemarin.

Dari prefix (awalan) yang tercatat, nomor tersebut diketahui berasal dari Kongo. Merasa curiga, ia pun melaporkan panggilan ini pada operator.

"Halo @myXL @myXLCare, mau menginformasikan adanya panggilan aneh dari nomor asing (cek lampiran). Harapannya untuk ditindaklanjuti sebagai tindak antisipasi. Terima kasih," tulis akun @ashfinzul.


Panggilan telepon dari nomor telepon berkode Kongo juga dialami oleh akun @Heri_breuwox. Sekitar pukul 21.00 ia mendapat panggilan misterius. Bedanya, Heri sempat mengangkat panggilan ini tapi kemudian panggilan tersebut langsung ditutup. "Heboh missed call dari luar negeri. Ternyata ane juga dapet, sempet ane angkat, suasana ribut dan ada suara 'hello' dan ditutup," tulis akun @Heri_breuwox.


Jangan telepon balik Kasus panggilan misterius dari luar negeri ini ternyata bukan yang pertama kali terjadi.

Dilansir dari Techwelkin, Minggu (1/4/2018), hal tersebut merupakan trik penipuan berbasis telepon premium.

Scammer atau si penipu akan menyewa nomor premium internasional dari sebuah perusahaan.

Halaman
12
Editor: Isal Mawardi
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved