Dikira Bakal Menghemat Baterai Android, Ternyata Cara Ini Justru Buat Baterai Boros

Menghapus recent apps alias deretan aplikasi yang sedang dibuka sering disangka sebagai salah satu cara menghemat baterai android

Dikira Bakal Menghemat Baterai Android, Ternyata Cara Ini Justru Buat Baterai Boros
chip.co.id
UMUR PANJANG -- Selama ini, beberapa tips yang sering dikemukakan untuk memberi umur panjang pada baterai terhitung menyulitkan. Misalnya, harus mematikan fitur-fitur tertentu, tak mengunduh aplikasi-aplikasi tertentu, dan hal-hal lainnya yang bisa mengkerdilkan fungsi smartphone. 

TRIBUNJABAR.ID - Menghapus recent apps alias deretan aplikasi yang sedang dibuka sering disangka sebagai salah satu cara menghemat baterai android.

Apakah benar dan efektif cara menghemat baterai seperti di atas?

Recent apps merupakan daftar panjang aplikasi yang bisa diakses melalui tombol menu di ponsel Android.

Aplikasi yang masuk ke dalam daftar tersebut sering kali dianggap masih bekerja. Padahal sebenarnya, aplikasi di recent apps berada dalam kondisi berhenti dan disimpan dalam memori (cache) ponsel.

Tujuannya agar aplikasi yang pernah dibuka sebelumnya itu bisa dimuat lebih cepat saat dibuka kembali.

Karena itu, menghapus recent apps di ponsel Android justru akan membuat baterai ponsel bekerja lebih keras dan cepat habis.

Baca: Nokia Hadirkan Empat Seri Ponsel Android Oreo, Fitur-fiturnya Tanpa Aplikasi Pra-Instal

Baterai pun akan bekerja lebih keras dan cepat habis terlebih jika aplikasi yang dihapus tergolong berat. Sebab, sistem akan membuka aplikasi dari nol dan membutuhkan lebih banyak daya ketimbang menyalakan ulang atau mengakses memori yang disimpan.

Jika ingin menghemat baterai Android, sebaiknya tidak menggunakan metode menghapus recent apps seperti di atas. Ada dua cara yang bisa dilakukan pemilik ponsel Android, yaitu mengurangi notifikasi dan membatasi pemakaian data.

Dilansir KompasTekno dari Cnet, Jumat (30/3/2018), dua cara tersebut cenderung lebih efektif untuk mengurangi konsumsi daya baterai. Untuk mengurangi notifikasi, non-aktifkan aplikasi-aplikasi yang sering mengirimkan notifikasi.

Halaman
12
Editor: Isal Mawardi
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved