Pilgub Jabar

Deddy Mizwar Berkomitmen Untuk Lebih Mengembangkan Industri Kreatif

Calon gubernur Jawa Barat nomor urut 4, Deddy Mizwar, berkomitmen untuk mengembangkan industri kreatif

Deddy Mizwar Berkomitmen Untuk Lebih Mengembangkan Industri Kreatif
ISTIMEWA
Deddy Mizwar saat dirinya bersilaturahmi dengan para seniman yang tergabung dalam Komunitas Bambu Indonesia di jalan.Melong Asih, Cimahi Selatan, Jumat (23/3/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ferry Fadhlurrahman

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Calon gubernur Jawa Barat nomor urut 4, Deddy Mizwar, berkomitmen untuk mengembangkan industri kreatif jika terpilih dalam Pilgub Jabar 2018.

Sesuai rilis yang diterima Tribun Jabar, Sabtu (24/3/2018), komitmen ini disampaikan saat ia bersilaturahmi dengan para seniman yang tergabung dalam Komunitas Bambu Indonesia di Jalan Melong Asih, Cimahi Selatan, Jumat (23/3/2018).

Melihat potensi bambu yang digarap serius komunitas tersebut, Demiz, sapaan Deddy Mizwar, berjanji akan memfasilitasi dan mengembangkan karya mereka sehingga bisa lebih berkembang.

Baca: Siapa Saja Pemain PS TIRA yang Diwaspadai Bek Persib Bandung Ini?

"Ini sangat kreatif, banyak alat musik terbuat dari bambu, ada gitar bambu, biola, drum, dan lainnya. Ini sangat luar biasa, ini bisa mendunia," ujar Demiz.

Apa yang telah dilakukan Komunitas Bambu ini terbilang gagasan kreatif yang unik.

Dimana mereka bisa memanfaatkan potensi alam yang ada di sekitarnya menjadi suatu karya industri kreatif yang sangat berkualitas.


Produk bambu ini, Demiz katakan, sudah diekspor ke beberapa negara dan memiliki potensi untuk lebih dikembangkan lagi.

"Masyarakat melihat sesuatu yang tidak pernah terpikirkan, yaitu dari bambu. Apalagi ada keripik daun bambu, saya mau cobain itu, habis makan bambu jadi panda kali ya," ujar Demiz bercanda.

Setelah berkeliling ke sejumlah daerah, Demiz mengakui banyak potensi kreativitas yang bisa digali di Jawa Barat. Seperti di Jatiwangi, Majalengka ada kue tanah, yang terbuat dari tanah liat.

Demiz memastikan potensi tersebut harus dikembangkan, baik dengan cara promosi, even, termasuk dengan menggelar festival seni dari bambu.

Terkait dengan upaya lain mendorong potensi dari industri kreatif, ia pun telah mencanangkan pembangunan gedung kesenian bertaraf internasional di wilayah Cikutra, Kota Bandung.

"Tempat pertunjukan di jabar sendiri belum ada yang representatif, bahkan nyaris tidak ada. Makanya pembangunan gedung kesenian Cikutra jadi komitmen kami," katanya.(*)

Penulis: Ferry Fadhlurrahman
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved