Film

Moonrise Over Egypt, Kisah Pejuang Kemerdekaan yang Namanya Tak Banyak Dikenal Anak Milenial

Film yang mengambil lokasi di Indonesia dan Mesir ini menceritakan tentang pertemuan Mohammad Rasjidi dan Nazir Sutan Pamuntjak

Moonrise Over Egypt, Kisah Pejuang Kemerdekaan yang Namanya Tak Banyak Dikenal Anak Milenial
Tribun Jabar/Putri Puspita Nilawati
Satria Mulia sebagai Mohammad Rasidi, Reza Anugrah sebagai Agus Salim dan Hadil sebagai anak Agus Salim saat jumpa pers film Moonrise Over Egypt 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Putri Puspita

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Perjuangan bangsa Indonesia meraih kemerdekaan, melalui perjalanan panjang dan tidak mudah. 

Setelah kemerdekaan diproklamirkan pun, Indonesia butuh pengakuan dari negara lain. Banyak tokoh yang berjuang mempertahankan kemerdekaan. Banyak nama tokoh nasional yang ada di balik perjuangan ini kurang dikenal.

Nama Agus Salim dan Mohammd Rasidi tak terlalu dikenal oleh generasi masa kini. Padahal ia adalah pahlawan yang telah membantu memperjuangkan pengakuan kedaulatan dan kemerdekaan Indonesia secara de jure dari Pemerintahan Mesir.

Sejarah perjuangan tokoh nasional Agus Salim diangkat menjadi sebuah film layar lebar berjudul Moonrise Over Egypt yang tayang Kamis (22/3/2018) di seluruh bioskop Indonesia.


Disutradarai Pandu Adiputra, pemeran film Moonrise Over Egypt diperankan oleh Satria Mulia sebagai Mohammad Rasidi, Drh Ganda sebagai Nazir Pamuntjak, Reza Anugrah sebagai Zein Hasan, Mark Sungkar sebagai Perdana Menteri Mesir El Noikrashy Pasha, dan aktor Harry Bond Jr berperan sebagai Dubes Belanda di Mesir.

Film yang mengambil lokasi di Indonesia dan Mesir ini menceritakan tentang pertemuan Mohammad Rasjidi dan Nazir Sutan Pamuntjak dengan Perdana Menteri Mesir, Mahmud Fahmi El Nokrashy pada April 1947.

Satria mengatakan, film ini adalah film pertama yang diperbolehkan untuk mengambil lokasi syuting di piramida, pusat perbelanjaan, hingga sungai nil.

"Ini adalah film pertama saya, dan langsung mendapatkan peran yang cukup berat yaitu menjadi Rasidi," ujar Satria saat jumpa pers di Mercure City Center, Jalan Lengkong, Kamis (22/3/2018).

Baca: Pemain Anyar Persib Senang Bisa Satu Tim dengan Febri Haryadi, Dari Kecil Ingin Main di Persib

Satria mengungkapkan berperan sebagai tokoh nasional sangatlah tidak mudah, apalagi data mengenai karakter Rasidi sulit ditemukan.

"Keluarga Rasidi sudah tidak bisa ditemukan, saya sempat ziarah ke makamnya, untuk meminta izin memerankan tokoh Rasidi," ujar pria yang lebih dikenal memerankan FTV ini.

Untuk memerankan Rasidi, Satria yang berkulit putih harus merubah penampilan menjadi orang Jawa berkulit hitam.

Film berlatar belakang sejarah ini ingin mengedukasi generasi masa kini yang sudah melupakan proses perjuangan pahlawan untuk pengakuan kemerdekaan Indonesia.

Penulis: Putri Puspita Nilawati
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved