Aher Bicara Soal Banjir di Sela Kegiatan Menebar 500 Ribu Benih Ikan di Bekasi

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan banjir yang terjadi selama ini dipengaruhi banyak faktor.

Aher Bicara Soal Banjir di Sela Kegiatan Menebar 500 Ribu Benih Ikan di Bekasi
TRIBUN JABAR/M SYARIF ABDUSSALAM
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menebar 500 ribu benih ikan nila, nilem, tawes, mujair, dan sepat, di Situ Abidin, Desa Karangmulya, Kabupaten Bojongmanggu, Kabupaten Bekasi, Kamis (22/3/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Syraif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BEKASI - Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus berupaya mengembalikan fungsi area resapan air di kawasan hulu dan daerah aliran sungai (DAS) untuk menghindari banjir atau kekeringan.

Normalisasi aliran sungai di Jawa Barat pun terus dilakukan supaya terbebas dari pencemaran limbah dan sampah.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan banjir yang terjadi selama ini dipengaruhi banyak faktor.

Contohnya banjir bandang yang terjadi di kawasan timur Kota Bandung beberapa hari lalu, katanya, disebabkan intensitas hujan tinggi dan sejumlah tanggul yang jebol.

"Tentu usaha kita terus lakukan, kalau banjir bandang kemarin banyak faktor, curah hujan tinggi dan tanggul jebol sehingga banjir," kata Gubernur yang akrab disapa Aher ini saat menghadiri peringatan Hari Air Dunia di Kabupaten Bekasi, Kamis (22/3/2018).

Baca: Pascakericuhan, Keamanan di Lapas Kelas I Cirebon Diperketat

Aher mengatakan tidak hanya KBU, semua daerah resapan air atau DAS di Jawa Barat sedang dalam upaya perbaikan. Semua fungsi kawasan ini, katanya, harus dikembalikan ke fungsi semula jika masyarakat ingin sirkulasi air di alam kembali normal.

"Kalau kita tidak mau kekeringan, kebanjiran, kurang air, tidak ada kata lain kecuali mengembalikan tempat air kembali jadi tempat air, tadinya tempat serapan air jadi serapan air, kembalikan hutan jadi hutan," kata Aher.

Dengan disahkannya Peraturan Presiden Nomor 15 Tahun 2018 tentang Percepatan Pengendalian Pencemaran Kerusakan Daerah Aliran Sungai Citarum, Aher mengatakan optimis Sungai Citarum dapat kembali menjadi sungai yang bersih.

Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved