Demi Hindari Aturan Ganjil-Genap di Bekasi, Warga Berangkat Lebih Pagi

Hari kelima semenjak aturan ganjil-genap di tol Jakarta-Cikampek diberlakukan, kepadatan lalu lintas menjadi berkurang.

Demi Hindari Aturan Ganjil-Genap di Bekasi, Warga Berangkat Lebih Pagi
tribunjabar/ahmad imam baehaqi
Ilustrasi - Antrean kendaraan di GT Palimanan Tol Cipali, Jumat (16/2/2018). 

TRIBUNJABAR.ID - Hari kelima semenjak aturan ganjil-genap di tol Jakarta-Cikampek diberlakukan, kepadatan lalu lintas menjadi berkurang.

Hal ini karena banyak pengendara yang berangkat lebih pagi sebelum pemberlakuan ganjil genap.

Dari pantauan Kompas.com pukul 05.30 WIB arus kendaraan yang memasuki gerbang tol Bekasi Barat 1 menumpuk hingga ke jalan Ahmad Yani.

Namun kepadatan tersebut justru datang dari kendaraan yang hendak menuju Cikampek. Gerbang tol menuju Jakarta sendiri cukup lengang.

Petugas kepolisian dan Dihub pun sudah berjaga-jaga saat jam 06.00 WIB ketika jam pemberlakuan ganjil genap mulai dilaksanakan.

"Kondisi setiap harinya seperti ini memang. Hitungannya ramai lancar. Sebelum jam 6 biasanya angkutan karyawan menuju arah Cikarang. Selepas itu lancar," ucap Andri, salah satu petugas Dishub kota Bekasi yang ditemui Jumat pagi.

Selepas pukul 07.00 WIB kepadatan lalu lintas berangsur-angsur mencair di jalan Ahmad Yani.

Kendaraan yang memasuki gerbang tol Bekasi Barat baik yang menuju arah Jakarta maupun Cikampek tidak mengalami antrean.


Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono mengakui ada pergeseran kepadatan yang terjadi sejak kebijakan ganjil genap diberlakukan.

"Masyarakat jadi berangkat lebih pagi untuk menghindari kepadatan. Menurut saya itu lebih bagus," ucap Bambang yang ditemui Jumat pagi.

Sebelumnya kebijakan ganjil genap diberlakukan sebagai salah satu strategi untuk mengurai kepadatan di ruas tol Jakarta Cikampek.

Selain itu terdapat kebijakan pembatasan truk pengangkut barang serta penyediaan lajur khusu bus penumpang di ruas tol menuju Jakarta.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Hindari Ganjil Genap di Bekasi, Banyak Pengendara Berangkat Lebih Pagi

Editor: Isal Mawardi
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved