Berawal dari Tamasya, Pasutri Ini Temukan Pesan dalam Botol Tertua di Dunia

Pesan itu dihanyutkan hampir 132 tahun lalu dari sebuah kapal Jerman yang sedang berlayar menuju ke Makassar, Indonesia

Berawal dari Tamasya, Pasutri Ini Temukan Pesan dalam Botol Tertua di Dunia
ABC News
Tonya Allan dan suaminya, Kym Illman menemukan pesan dalam botol tertua di dunia 

TRIBUNJABAR.ID - Sebuah keluarga asal Australia menemukan pesan dalam botol tertua di dunia. Pesan itu dihanyutkan hampir 132 tahun lalu dari sebuah kapal Jerman yang sedang berlayar menuju ke Makassar, Indonesia

Penemuan ini berawal ketika Tonya Allan dan suaminya, Kym Illman, sedang berjalan-jalan di Wedge Island, sebuah pulau yang berjarak 180 kilometer sebelah utara Perth, Australia.

Tamasya pada 21 Januari lalu itu berubah menjadi pengalaman seru ketika mereka menemukan sebuah botol berisi benda yang dikira sebatang rokok lintingan.  Mereka baru tahu benda di dalam botol itu adalah secarik kertas berisi pesan setelah membawa botol itu ke rumah dan mengeringkannya di dalam oven.

Didorong rasa penasaran, pasangan suami istri itu membawa hasil temun mereka ke Western Australian Museum. Ross Anderson, asisten kurator arkeologi maritim di museum tersebut, melakukan penelitian dan berkonsultasi dengan sesama peneliti dari Jerman dan Belanda.

pesan dalam botol tertua di dunia
pesan dalam botol tertua di dunia (ABC News)

Hasilnya, mereka sepakat pesan tertanggal 12 Juni 1886 itu berasal dari sebuah kapal Jerman bernama Paula, yang merupakan bagian dari tim eksperimen laut Jerman. Temuan itu memecahkan rekor dunia Guinness untuk pesan tertua di dalam botol. Selama ini rekor tersebut dipegang sebuah pesan berusia 108 tahun dari Asosiasi Biologi Maritim Inggris.


Menurut Anderson, pesan di dalam botol yang ditemukan di Australia itu cocok dengan catatan jurnal meteorologi Jerman yang menyebut pelepasan pesan oleh kapal Paula dilakukan pada 12 Juni 1886.

Titik koordinat pada jurnal meteorologi juga sesuai dengan isi pesan di dalam botol itu. Sehingga, Badan Maritim dan Hidrografi Jerman meyakini pesan tersebut memang asli.

pesan dalam botol tertua di dunia
pesan dalam botol tertua di dunia (ABC News)

"Sejauh penilaian kami berdasarkan foto-foto dan informasi yang diberikan dari jauh, ini adalah pesan dalam botol yang autentik, yang dihanyutkan dari kapal Paula pada 1886 sebagai bagian dari eksperimen riset arus laut."

"Informasi dari jurnal meteorology Paula mengonfirmasi pelepasan botol itu telah melalui rute yang sepatutnya. Karena itu, informasi di dalamnya bisa dipandang sebagai autentik."

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Surat Dalam Botol Paling Tua di Dunia Ditemukan di Australia

Editor: Isal Mawardi
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved