Ratusan Kilogram Tembakau dan 42 Ribu Batang Rokok Ilegal Dibakar di Kantor Bea Cukai Tasikmalaya

Asap tebal menyeruak di depan Kantor pengawasan dan pelayanan bea dan cukai (KPPCB) tipe madya pabean C, di Kota Tasikmalaya

Ratusan Kilogram Tembakau dan 42 Ribu Batang Rokok Ilegal Dibakar di Kantor Bea Cukai Tasikmalaya
TRIBUN JABAR/ISEP HERI
Petugas pengawasan dan pelayanan bea dan cukai (KPPCB) tipe madya pabean C tengah membakar 400 Kilogram tembakau iris ilegal dan 42 ribu batang rokok ilegal berbagai merk hasil sitaan, di Jalan Sutisna Senjaya 185, Kota Tasikmalaya, Kamis (1/3/2018) Siang. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isep Heri

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Asap putih membumbung tinggi di depan Kantor pengawasan dan pelayanan bea dan cukai (KPPCB) tipe madya pabean C,  Jalan Sutisna Senjaya 185, Kota Tasikmalaya, Kamis (1/3/2018) Siang.

Asal asap tersebut akibat pembakaran 400 Kilogram tembakau iris ilegal dan 42 ribu batang rokok ilegal berbagai merk hasil sitaan peredaran di wilayah kerja KPPBC TMP C Tasikmalaya dari 22 penindakan bidang cukai selama 2017 lalu.

Barang bukti yang dimusnahkan dianggap ilegal karena saat disita dari operasi pasar kedapatan tidak terdapat pita cukai dalam produknya.

Baca: Wow Mantap! Di Pesta Buku 2018 Ada Diskusi Buku dan Peluncuran Buku Baru

Merk rokok ilegal yang dimusnahkan di antaranya, Fel Super, Max, Sempurna, CC Mild, Mike Tyson, dan Gudang Gaman, dan sejumlah merk tembakau iris lainnya.

Kepala kantor pengawasan dan pelayanan Bea cukai Tasikmalaya, Noviandi mengatakan barang sitaan dari sejumlah pasar di Priangan Timur yang jika diuangkan mencapai 50 juta tersebut statusnya merupakan milik negara.

"Barang sitaan tersebut harus kami musnahkan karena melanggar Pasal 54 UU 39 Tahun 2007 Tentang perubahan UU 11 Tahun 1995 tentang cukai," ujarnya saat ditemui di lokasi.


Alasannya, Kata Noviandi, pemusnahan rokok dan juga tembakau iris yang banyak ditemukan di pasar trasldisional dan di warung-warung kecil tersebut agar memastikan tidak lagi beredar di masyarakat.

Halaman
12
Penulis: Isep Heri Herdiansah
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved