Pilkada Garut

Calon Bupati Garut Soni Sondani Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Suap

‎Dari keterangan Soni dan Usep yang kemarin diperiksa selama kurang lebih 8. . .

Penulis: Mega Nugraha | Editor: Fauzie Pradita Abbas
Tribun Jabar/Mega Nugraha
Direskrimum Polda Jabar, Kombes Umar Surya Fana. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha Sukarna

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG - Calon bupati Garut dari jalur independen, Soni Sondani resmi ditetapkan tersangka kasus penyuapan penyelenggara Pilkada Garut, Ketua Panwaslu Heri Hasan Basri dan Anggota KPU Garut Ade Sudrajat.

"Soni ditetapkan tersangka kemudian hari ini kami lakukan penahanan. Untuk pasangannya, Usep Nurdin sedang pendalaman karena ternyata mereka punya tugas masing-masing," ujar Direktur Reserse dan Kriminal Umum Polda Jabar, Kombes Umar Surya Fana di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta Bandung, Kamis (1/3/2018).

Kasus bermula saat Didin Wahyudin, tim sukses Soni-Usep menyuap Heri dengan uang Rp 10 juta serta Ade Rp 100 juta dan satu unit mobil untuk meloloskan verifikasi Soni-Usep agar ditetapkan calon bupati dan wakil bupati.

Ketiganya ditangkap pekan lalu dan sudah dilakukan penahanan.

Didin mengaku mendapat uang dari Soni.

"Uang yang diserahkan Didin pada Heri dan Ade sudah diakui clear dari saudara Soni. Hari II kami terbitkan Surat Perintah Penahanan (SPP) pada yang bersangkutan," ujar Umar.

‎Dari keterangan Soni dan Usep yang kemarin diperiksa selama kurang lebih 8 jam di Mapolda Jabar, penyidik lantas akan mengembangkan kasus ini untuk tersangka lainnya.

"Kemudian pekan ini hingga pekan depan kami akan lakukan pemeriksaan pada seluruh anggota KPU Garut maupun Panwaslu. Yang sedang didalami, keterangan dari semua pihak termasuk tersangka akan di combine dengan keterangan transaksi keuangan bank karena semua proses transaksi (suap) ini melibatkan transaksi bank, bukan tunai," ujar Umar. 

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved